• News
  • Apel Pergeseran Pasukan PAM Tingkat Polres Banjar

Apel Pergeseran Pasukan PAM Tingkat Polres Banjar


Banjar - Jelang Pemilu yang tinggal 3 (tiga) hari lagi dan kini sudah memasuki masa tenang, seluruh personel Kepolisian Resor (Polres) Kota Banjar, Polda Jabar melaksanakan Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan TPS di halaman Mapolres Kota Banjar, Jalan Siliwangi No.145, Karangpanimbal, Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat, Minggu (14 April 2019).

Apel pergeseran pasukan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Banjar, AKBP Yulian Perdana, S.I.K., dan diikuti oleh seluruh Pejabat Utama Polres Banjar serta para Satgas Pam TPS dengan bantuan back up dari Brimobda Jabar dan Prajurit Batalyon Artireli Medan 4 Cimahi. Selain itu hadir pula Ketua KPU Kota Banjar, Dani Danial Muhklis dan Ketua Bawaslu Kota Banjar, Irfan Saeful Rohman.

Kepala Kepolisian Resor Kota Banjar, Ajun Komisaris Besar Polisi Yulian Perdana S.I.K., mengungkapkan bahwa untuk hari ini (14 April 2019), Polres Banjar mendapatkan back up dari unsur TNI yakni Kodim 0613/Ciamis dan Batalyon Artileri Medan 4 Cimahi serta 1 Satuan Setingkat Kompi (SSK) Brimobda Jabar. "Konsepnya adalah kita harus mendahului logistik untuk memastikan bahwa TPS aman dan KPPS-KPPS siap bekerja. Kita membantu KPU dan Bawaslu," ungkapnya.

Dijelaskan Kapolres, untuk personel Pam TPS berjumlah 209 personel, ditambah dengan perkuatan seperti ada Satgas Preemtif, Preventif sejumlah 345 personel. Sehingga dengan berjumlah mendekati 700 personel siap untuk mengamankan jalannya Pemilu 2019 mulai malam ini sampai dengan tanggal 18 April 2019.

"Kita berharap karena Kota Banjar wilayahnya tidak begitu besar agar pada tanggal 17 nanti sudah agak sedikit normal. Karena kerawanan bukan hanya pada saat masa pencoblosan saja tetapi juga pasca pencoblosan terutama perhitungan," terang Kapolres.

Lebih lanjut, Kapolres menuturkan bahwa disana dari pendeteksian dini oleh Polres Banjar, ada pihak-pihak yang mungkin kurang puas, dan itu perlu di waspadai. "Oleh karena itu kami perlu kerjasamanya, baik itu dari tokoh agama dan tokoh masyarakat supaya taat asas. Jadi KPU dan Bawaslu sudah profesional, kami TNI-Polri netral dan itu harus kita jaga," imbuhnya.

AKBP Yulian Perdana, S.I.K., menghimbau kepada masyarakat khususnya masyarakat Kota Banjar bahwa kalau ingin warga Banjar keren dan hidup sejahtera, nyoblos tanggal 17 April di TPS masing-masing. "Silahkan datang dengan hati riang, suka cita dan bawa perasaan yang segar supaya mencoblosnya benar-benar pilihan terbaik," pungkasnya.//yuli.