• News
  • 90 Pelajar di Cilacap Terjaring Tongsis Kamera

90 Pelajar di Cilacap Terjaring Tongsis Kamera


Sekitar 90 pelajar salah satu SMK swasta di Cilacap terjaring Tongsis Kamera (Tongkrongi Siswa Keamanan Berkendara) yang digelar Satlantas Polres Cilacap di gerbang sekolah, Jumat (11 Januari 2019).

Operasi Tongsis Kamera merupakan salah satu upaya jajaran Satlantas Polres Cilacap untuk mereduksi  perilaku berlalu lintas yang tidak sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan di kalangan pelajar khususnya tingkat SLTA/SMK.

Dalam kegiatan ini, jajaran Satlantas Polres Cilacap yang dipimpin langsung oleh Kanit Dikyasa Ipda Khamami secara on the spot mencoba menyentuh langsung kepada para siswa saat mereka berkendara dan akan memasuki gerbang sekolah.

Dengan adanya Tongsis Kamera ini, tidak sedikit para siswa yang merasa kendaraan dan kelengkapan lainnya tidak lengkap berusaha berkelit namun dengan bantuan para guru, mereka semua dapat terkondisikan.

Kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto, S.I.K., M.H., melalui Kasat Lantas AKP Ahmad Nur Ari., S.I.K., mengatakan bahwa kegiatan ini adalah salah satu bukti kehadiran polisi dalam rangka menyelamatkan generasi milenial dari perilaku yang dapat membahayakan keselamatan dan bahkan mungkin akan memupus masa depannya karena terlibat kecelakaan lalu lintas.

Para siswa yang terjaring Tongsis Kamera menerima sanksi berupa pembinaan fisik dan teguran. Bagi pelajar yang fisik kendaraannya tidak lengkap dan meyalahi peraturan harus dilengkapi sesuai dengan standar seperti pemasangan spion. Sementara ini, tak ada yang ditilang. //wd.