• News
  • Sinergitas TNI-Polri Jaga Kondusifitas Pemilu 2019

Sinergitas TNI-Polri Jaga Kondusifitas Pemilu 2019


Cimahi - Guna mewujudkan kondusifitas Pemilu 2019 yang aman, damai dan sejuk, Ratusan personel gabungan TNI-Polri di wilayah Jawa Barat melaksanakan pelatihan Pengamanan Pileg dan Pilpres tahun 2019 di lapangan Manunggal Brigif 15 Kj/II, Jl. Kebun Rumput, Kelurahan Baros, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Senin (11 Februari 2019).

Kegiatan tersebut di hadiri oleh Kasdam III/Siliwangi, Brigjen TNI Nurcahyanto, Irdam III/Siliwangi, Klonel Arm Gausudin Amin Yusuf, S.Ip., M.Si., Karo Ops Polda Jabar, Kombes Pol. Drs. Leonidas Braksan, M.M., Danrindam III/Siliwangi, Kolonel Inf Indarto, SH., M.H., Asops Kasdam III/Siliwangi, Kolonel Inf Ferry Irawan, S.Ip., Dandim 0618/BS, Kolonel Inf M. Herry Subagyo beserta jajaran Brigif 15 Kujang/II, Kasdim 0609/Kabupaten Bandung, Wakil Walikota Cimahi, Letkol (Purn) Ngatiana beserta jajarannya, perwakilan KPU Provinsi Jabar dan KPU Kota Cimahi.

Sedangkan untuk peserta latihan sendiri terdiri dari Batalyon Arhanud 3, Batalyon Kavaleri 4, Batalyon Armed 4, Bekangdam III/Siliwangi, Brigif 15 Kujang, Binmas Polrestabes Bandung, Damkar Kota Cimahi, Kodim 0609/Kab. Bandung, Kesdam III/Siliwangi, Hubdam III/Siliwangi, Pomdam III/Siliwangi, Brimob Polda Jabar, Satpol PP Kota Cimahi dan Kodim 0618/Bs.

Menurut Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Trunoyudho Wisnu Andiko, S.I.K., mengatakan bahwa kegiatan simulasi pengamanan Pemilu 2019 ini dimaksudkan agar para prajurit TNI maupun Polri dapat memahami langkah dan gambaran pelaksanaan pengamanan pada saat Pemilu 2019 yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 April 2019 mendatang.

Sementara itu, Karo Ops Polda Jabar, Kombes Pol Drs. Leonidas Braksan, M.M., menyampaikan bahwa pelaksanaan latihan sebagai bentuk kesiapan dalam mengamankan jalannya Pileg dan Pilpres 2019.

"Dengan latihan ini diharapkan anggota yang bertugas di lapangan tidak ragu-ragu untuk berbuat dalam menghadapi segala ancaman yang kemungkinan akan terjadi pada Pemilu 2019," tegasnya.

Dijelaskan Kombes Pol Leonidas Braksan, bahwa dalam pelaksanaanya lebih mengedepankan upaya Preventif atau pencegahan sebelum terjadinya permasalahan yang akan meluas dan bersifat skala Nasional. "Apabila secara Preventif tidak dapat dilaksanakan maka apa yang telah kita dilatihkan akan dilaksanakan sebagai suatu bentuk tindakan atau langkah-langkah dalam menghadapi kondisifitas wilayah pada pelaksanaan Pemilu 2019," terangnya.

Direncanakan juga bahwa bentuk kegiatan yang sama dengan skala lebih besar akan digelar pada tanggal 7 Maret 2019 di Lapangan Gazibu Kota Bandung.//yuli.