• News
  • Perhelatan Kolaborasi Literasi di Hari Anti-Korupsi

Perhelatan Kolaborasi Literasi di Hari Anti-Korupsi


Banjar - Korupsi merupakan kejahatan luar biasa atau sering dikategorikan sebagai extra ordinarly crime karena itu penanganannya memerlukan kerjasama banyak pihak secara kolaboratif. Hal itu dalam rangka memperingati Hari Anti-Korupsi sedunia yang jatuh pada tanggal 9 Desember banyak pihak menyambutya dengan beragam kegiatan.

Di Kota Banjar, Jawa Barat, Yayasan Ruang Baca Komunitas (YRBK) memperingatinya dengan cara menggelar Panggung Sajak dan Teater. Kegiatan tersebut bekerjasama dengan KPU Kota Banjar dan didukung Etnografi Institut dan SAGUPetgas yang akan dilaksanakan di Banjar Convetion Center (BCH) pada hari Senin (10 Desember 2018).

Panggung sajak merupakan komunitas satra budaya yang digagas oleh Pendiri YRBK, Sofian Munawar bersama dengan Ketua KPU Kota Banjar, Dani Danial Muhklis dan para Jurnalis Banjar.

Ketua YRBK, Siti Maroah mengungkapkan kegiatan kolaborasi itu untuk mendorong budaya literasi di Kota Banjar sekaligus memanfaatkan momentum Hati Anti-Korupsi dan dihubungkan dengan tahun politik, dimana akan ada penyelenggaraan Pemilu Serentak 2019. Sehingga diharapkan semangat Anti-Korupsi menjadi bagian penting dan perlu didorong terutama bagi orang-orang yang akan terjun kedunia politik agar mereka kelak menjadi pemimpin-pemimpin bersih, jaub dari praktik-praktik korupsi.

"Giat ini juga menjadi bagian dari sosialisasi agar masyarakat kita menjadi pemilih rasional, terutama kalangan pemilih pemula sehingga mereka akan menjadi pemilih cerdas dengan tingkat literasi politik yang baik," ungkapnya.

Sementara Ketua Panitia Panggung Sajak dan Teater, Syarif Hidayat menuturkan rangkaian acara dimulai dengan Sosialisasi Kepemiluan yang akan disampaikan langsung oleh Ketua KPU Kota Banjar, Dani Danial Muhklis bersama dengan Reny Adriyanti Kuner, Penyuluh dan Asesor Anti-Korupsi Nasional. Acara dilanjutkan Parade Sajak kolaborasi siswa-siswi dari SMAN 1, SMAN 2 dan SMAN 3 Banjar serta pertunjukan Hikayat Dayang Sumbi dari Gardu Teater dan ditutup dengan Sajak dari Bapak Literasi Kota Banjar, Sofian Munawar. Rangkaian acara akan dipungkas dengan Deklarasi Anti-Korupsi untuk Pemilu Bersih.

Menurutnya, semua peserta yang hadir akan diajak untuk menandatangani petisi atau deklarasi sebagai bentuk dukungan semua pihak dalam menggelontorkan semangat Anti-Korupsi. Hal itu dimaksudkan agar terciptanya Pemilu sebagai ajang kontestasi demokrasi yang bersih dan berintegritas.

"Panitia menyediakan spanduk putih ukuran besar untuk ditandatangani para hadirin. Deklarasi ini rencananya akan dipandu dan dipimpin langsung oleh AKBP Matrius, Kapolres Kota Banjar," kata Syarif.//yuli.