• News
  • Mendekati Batas Akhir, Sudah 2775 Orang Pelamar CPNS di Kota Banjar

Mendekati Batas Akhir, Sudah 2775 Orang Pelamar CPNS di Kota Banjar


Banjar - Memasuki batas akhir pendaftaran CPNS, Kota Banjar hingga kini, hari Selasa, (9 Oktober 2018), pukul 14.00 WIB para pelamar yang sudah mengirimkan lamaran via portal http://sscn.bkn.go.id telah mencapai 2775 orang. Sebanyak 2123 pelamar sudah masuk verifikasi, dan 408 belum terverifikasi, sedangkan 244 orang tidak masuk verifikasi.

Admin SSC (Sistem Selesksi CPNS Nasional) Pemerintah Kota Banjar, sekaligus Sub Bid Data, Formasi, Pengadaan dan Pensiun di BKPPD Kota Banjar, Roni Septiadi, ST., mengatakan, alasan tidak masuk verifikasi tersebut disebabkan adanya kesalahan pengiriman atau kesalahan memilih lamaran, sehingga pihaknya mencoret para pelamar tersebut.

"Makanya tim verifikasi kita kolaborasi dengan dinas terkait lainnya, agar bisa memverifikasi para pelamar apa masuk atau tidaknya. Sementara tim kita terdiri dari ketua yang dipimpin langsung oleh Bapak Sekda, dan anggotanya dari Dinas BKPPD, Disdik, Bappeda, Inspektorat, serta Keuangan," ungkapnya.

Roni menjelaskan, dalam teknis awalnya ada kesulitan untuk masuk ke portal tersebut sehingga terkadang tidak bisa mengirim berkas lamaran.

"Dari tanggal 26 September hingga 1 Oktober, pelamar yang masuk sekitar 30-70 an orang, namun pada tanggal 2 Oktober 2018, baru ada peningkatan yang luar biasa hingga mencapai 481 yang melamar menjadi tenaga kesehatan, 304 orang pelamar tenaga teknis, dan 177 untuk pelamar tenaga pendidikan," ungkapnya.

Roni menambahkan, hingga saat ini data keseluruhan yang sudah masuk ke tim verifikasi untuk pelamar tenaga kesehatan sebanyak 370 orang, tenaga pendidikan 1541 orang dan 864 tenaga teknis. "Terkadang dari wilayah luar juga ada yang mengirim kesini (Banjar), apalagi dari Kalimantan yang disangkanya Banjar sana (kalimantan), sehingga tentunya tidak sesuai klasifikasi karena salah memasuki lowongan pekerjaan," imbuhnya.

Namun tidak semuanya dari luar daerah ataupun salah masuk lamaran semua didiskualifikasi, tetapi pihaknya berkoordinasi dengan anggota yang lain sesuai mekanisme yang ada diaturan. "Berhubung adanya gangguan teknis dalam akses memasuki lamaran dan melalui rapat panitia seleksi (Panpelnas), Badan kepegawaian Nasional, untuk saat ini ada penambahan waktu 5 hari, awalnya ditutup hingga tanggal 10 Oktober namun kini jadi tanggal 15 Oktober 2018." tambahnya.

Dengan adanya penambahan waktu tersebut, dirinya berharap para pelamar yang belum mengirimkan berkas lamarannya bisa memaksimalkan hingga akhir waktu nanti, sehingga bisa ikut dalam penjaringan Calon Pegawai Negeri Sipil di Kota Banjar itu.

"Jenis formasi untuk umum sudah mencapai 2762 orang, cumlaude 13 orang, nah untuk yang disabilitas masih kosong." Pungkasnya.//yuli.