• News
  • Gunung Slamet Erupsi, Bupati Purbalingga Tinjau Dusun Bambangan

Gunung Slamet Erupsi, Bupati Purbalingga Tinjau Dusun Bambangan


Purbalingga - Gunung Slamet merupakan gunung yang dikelilingi empat Kabupaten, diantaranya Kabupaten Purbalingga, Banyumas, Pemalang dan Brebes. Dengan naiknya status dari normal menjadi waspada, Pemerinrah Kabupaten Purbalingga akan segera menyiapkan sepuluh pos pengintaian di sepuluh Desa yang berdampak terkena erupsi dari letupan Gunung Slamet.

Walaupun status saat ini berada pada pada level II (waspada), warga masyarakat diminta tetap tenang jangan panik dan selalu tetap berdoa. Bahaya erupsi gunung slamet berada pada kurang dari radius dua kilometer.

"Gunung Slamet sesuai dengan namanya yaitu Slamet," ujar Bupati Dyah Hayuning Pratiwi di sela-sela kegiatannya saat meninjau ke salah satu dusun di kaki Gunung Slamet, Dusun Bambangan, Desa Kutabawa Kecamatan Karangreja, pada Minggu (11 Agustus 2019).

Bupati mengungkapkan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Purbalingga akan selalu melakukan koordinasi dengan kabupaten lain terkait erupsi gunung slamet. Dan dengan masing-masing instansi yang membawahi untuk bersama-sama selalu memantau serta mengawasi situasi erupsi gunung slamet.

"Kami memang menghimbau untuk menjauhui sampai radius dua kilometer, tapi sampai saat ini situasi masih aman dan kondusif," ungkap Tiwi.

Sementara itu, BPBD Kabupaten Purbalingga, Umar Fauzi mengatakan, pos pengungsian akan disiapkan manakala status menjadi Awas atau levelnya naik menjadi level III.

"BPBD Kabupaten Purbalingga akan membangun pos pengungsian. Pos tersebut dibangun dikala status erupsi gunung slamet naik level menjadi III ( Level Awas)," tuturnya.

Untuk memastikan keadan jalur evakuasi, kata Umar, pihaknya mengecek kondisi jalur tersebut, kalau memang ada yang perlu di perbaiki maka akan secepatnya di tindaklanjuti. Jalur evakuasi ini sudah beberapa tahun lalu dibuat, semoga kondisi jalur evakuasi masih dalam keadaan baik.

"Jalur Evakuasi ternyata masih bisa di gunakan. Kami akan tetap berusaha mengupayakan penanganan semaksimal mungkin bila terjadi erupsi gunung slamet," tandasnya.//MN.