• News
  • 10 Muharram, Langensari Gelar Khotmil Qur'an dan Sedekah Bumi

10 Muharram, Langensari Gelar Khotmil Qur'an dan Sedekah Bumi


Banjar - Bulan Muharram merupakan salah satu bulan istimewa dan dimuliakan oleh Allah SWT. Di bulan ini, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amalan-amalan dan ibadah.

Dalam rangka menyambut 10 Muharram 1441 Hijriyah, warga masyarakat Kecamatan Langensari menggelar acara Khotmil Qur'an dan Sedekah Bumi di Alun-Alun Langensari, Kota Banjar, Jawa Barat, Selasa (10 September 2019) sore.

Antusias warga masyarakat Kecamatan Langensari pun sangat tinggi, dimana mereka saling berbondong-bondong datang memadati tempat dan setiap sudut Alun-Alun. Selain itu, para warga yang hadir turut membawa tumpeng sebagai bentuk acara sedekah bumi.

Kurang lebih 400 tumpeng dari warga masyarakat di wilayah Kecamatan Langensari ikut meriahkan acara Khotmil Qur'an dan Sedekah Bumi. Tidak hanya itu, penampilan kelompok hadroh juga ikut meramaikan acara tersebut.

Acara tersebut menjadi terasa istimewa, dimana dihadiri secara langsung oleh Walikota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, Anggota Dewan Provonsi Jawa Barat sekaligus sesepuh Kota Banjar, H. Herman Sutrisno, dan Ketua DPRD Kota Banjar, Dadang R. Kalyubi. Selain itu, turut hadir Camat Langensari, Asno Sutarno, Kapolsek Langensari, AKP Aah Hermawan, Pabung Kodim 0613/Ciamis, Kapten Arm Yuni Ariyadi dan para OPD Kota Banjar, para kades dan lurah Kecamatan Langensari, serta alim ulama di wilayah Langensari.

Acara tersebut diawali dengan tausiyah dan khotmil qur'an bersama, dipimpin oleh KH Mu'in Abdurrohim. Kemudian dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Walikota Banjar dan buka puasa bersama makan tumpeng.

Dalam tausiyah-nya, KH. Mu'in Abdurrohim menyampaikan tentang amalan-amalan pada hari Asyura. Yakni sebanyak 12 macam, diantaranya Shalat dan yang paling utama adalah shalat tasbih, puasa asyura, sedekah, mandi, mengunjungi orang 'alim yang saleh, menengok orang sakit, mengusap kepala anak yatim, bercelak, memotong kuku, membaca Surat Al Ikhlash 1.000 kali, silahturahmi, dan berziarah ke orang saleh.

Sementara itu Camat Langensari, Asno Sutarno mengatakan, kegiatan sedekah bumi yang dilaksanakan dan berpusat di Alun-Alun ini adalah pertama kalinya. Semoga ini akan dapat dijadikan agenda setiap tahunnya khususnya masyarakat Kecamatan Langensari.

"Sedekah bumi ini merupakan salah satu cara mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas apa yang telah diberikan kepada kita umat manusia. Selain itu ini juga sebagai wujud persatuan antar warga yang ada di Kecamatan Langensari khususnya, untuk saling rukun dan gotong royong tanpa ada batasan," ungkapnya.//yuli.