Kamis, 21 Desember 2017 - 00:18:01 WIB
Babinsa Koramil Karangpucung Beri Bantuan Korban Tanah Longsor
Diposting oleh : Widodo
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 411 kali

Cilacap - Curah hujan tinggi dan terus menerus yang terjadi pada beberapa hari terakhir ini, mengakibatkan bencana alam tanah longsor disejumlah titik di wilayah Kecamatan Karangpucung, Kabupaten Cilacap, Jawa tengah, Rabu, (20 Desember 2017)

Salah satunya di Desa Tayem Timur yang mengakibatkan 3 rumah warga terkena material tanah longsor dan mengalami kerusakan cukup berat.

Dengan terjadinya musibah bencana tersebut, Kodim 0703/Cilacap melalui Koramil 15/Karangpucung, Sertu Suratno didampingi Bintara Pembina Desa (Babinsa) Desa Tayem Timur beserta jajaran Koramil setempat mendatangi lokasi untuk memberikan bantuan kepada korban tanah longsor di Desa Tayem Timur.

Menurut Koramil 15/Karangpucung, Sertu Suratno, bencana alam tanah longsor terjadi di sejumlah titik di wilayah Kecamatan Karangpucung.

"Bencana tanah longsor, disebabkan tingginya intensitas hujan yang terjadi pada beberapa hari terakhir. Di Desa Tayem Timur ada 3 rumah warga terkena material longsor dan mengalami kerusakan cukup berat," jelasnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, lanjut Suratno, Babinsa bersama Bhabinkamtibmas Polsek setempat melaksanakan pengecekan ke lokasi, sekaligus  memberikan dukungan moril dan bantuan bahan makanan serta air mineral.

Berdasarkan data, warga korban tanah longsor yakni, Kasmanto (53), Widodo (48) dan Kamto (50). Ketiga korban warga Tayem Timur  mengaku sangat bersyukur dan terimakasih atas bantuan yang telah diberikan oleh Babinsa.

Suratno juga mengungkapkan, dengan adanya kejadian tersebut, anggota Koramil 15/Karangpucung dan Bhabinkamtibmas melakukan koordinasi untuk melaksanakan kerja bakti guna membersihkan material longsor dengan peralatan seadanya, serta memberikan sedikit bantuan untuk meringankan beban para korban.

“Hal ini patut kita syukuri bersama dan menjadi pelajaran bagi kita semua agar lebih waspada dan peka terhadap perkembangan situasi disekeliling kita. Terutama warga yang pemukimannya berdekatan dengan tebing atau ditempat ketinggian,” ucapnya.

Suratno juga mengimbau untuk semua warga apabila terjadi tanah longsor, segera menyelamatkan diri ke tempat yang lebih aman.

"Segera melapor kepada Babinsa, Bhabinkamtibmas atau perangkat desa setempat agar permasalahan segera di tindak lanjuti," saran Suratno. //Wd/Pendim.