Rabu, 20 Desember 2017 - 22:57:37 WIB
Akibat Hujan Terus Menerus, Jalan Lingkar Desa Karang Kemiri Jeruklegi Ambles
Diposting oleh : Widodo
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 551 kali

Cilacap - Tingginya intensitas hujan yang mengguyur wilayah Cilacap menyebabkan sebagian jalan Lingkar Desa Karangkemiri, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, ambles tergerus air hujan, Rabu (20 Desember 2017).

Dengan adanya kejadian tersebut, Kodim 0703/Cilacap, melalui Koramil 02/Jeruklegi, Kapten Inf. Suwanto bersama Babinsa Karang Kemiri, Serda Sakim, dan Bhabinkamtibmas Polsek Jeruklegi langsung mengecek lokasi bencana alam (Bencal) jalan desa Karangkemiri yang mengalami ambles.

Danramil 02/Jeruklegi, Kapten Inf. Suwanto membenarkan, jalan Lingkar Desa Karangkemiri amblas akibat tingginya intensitas hujan di wilayah Desa  Karang Kemiri, Ditambah Kondisi terletak di tanah pegunungan dan labil sehingga mengakibatkan jalan ambles.

"Dalam kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa, hanya kerugian material. Jalan yang ambles selebar 2 meter dan kedalaman 3 hingga 4 meter," jelasnya.

Diungkapkan Suwanto, untuk sementara akses jalan dilakukan sistem buka tutup karena separo badan jalan tidak bisa dilalui. Dengan kejadian tersebut pihaknya segera berkoordinasi dengan dinas terkait.

Untuk mengantisipasi agar tidak ada korban jiwa, Babisa Karang Kemiri, Serda Sakim mengimbau warganya, terutama yang berada di daerah perbukitan untuk selalu meningkatkan kewaspadaan.

“Jika dipandang perlu untuk mengungsi. Segera mengungsi dan tinggal sementara di tempat sanak saudaranya yang lebih aman sampai kondisi cuaca membaik," sarannya.

Menurut Babinsa, hal itu dilakukan guna menghindari longsor, karena pada umumnya kondisi tanah di wilayah desa Karang Kemiri, khususnya Dusun Situ kondisi tanahnya sangat labil.

Tanggap darurat bencana yang dilakukan jajaran Koramil dan Polsek Jeruklegi sangat diapresiasi oleh Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Karang Kemiri, Sujono (68). Dia mengucapkan terima kasih kepada jajaran Koramil dan Polsek yang sigap menanggapi kejadian yang terjadu di wilayahnya

"Apabila hujan tiba dengan curah hujan deras dan lama, kami akan segera mengingatkan warga desa segera mengungsi ke tempat aman untuk menghindari timbulnya longsor," tuturnya. //Wd/Pendim.