Selasa, 28 November 2017 - 22:21:44 WIB
Kodim 0703/Cilacap Gelar Tes Kesegaran Jasmani Periodik II
Diposting oleh : Widodo
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 548 kali

Cilacap - Prajurit dan Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkup Kodim 0703/Cilacap melaksanakan tes kesegaran jasmani Periodik II tahun 2017 di Stadion Wijaya Kusuma, Kelurahan Kebon Manis, Cilacap, Selasa (28 November 2017).

Kegiatan yang digelar Kodim 0703/Cilacap secara rutin ini, untuk meningkatkan kesegaran jasmani di kalangan prajurit TNI dan ASN-nya.

Kegiatan diawali dengan pengecekan dan pemeriksaan tahap awal kesehatan untuk mengukur tensi dan denyut nadi para peserta tes samapta oleh petugas kesehatan Rumkitbant 04-08-01 Cilacap.

Pelaksanaan tes samapta tersebut diawasi langsung oleh Tim Asistensi Jasrem 071/WK. Tes yang diterapkan meliputi tes kesegaran A yakni lari sejauh 3.200 meter dan tes kesegaran B seperti pull up, sit up, push up, shuttle run dan renang dasar.

Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari, Selasa hingga Kamis (28 - 30 November) terbagi dalam tiga gelombang. Gelombang pertama (hari ke 1) para peserta akan melaksanakan tes kesegaran A dan B. Namun, bagi yang belum melaksanakan akan mengikuti kegiatan tes di gelombang kedua (hari ke 2). Sedangkan di hari ketiga dilanjutkan dengan renang dasar.

Menurut Kasdim 0703/Cilacap, Mayor Inf. Rofiq Alfian, kegiatan ini, bertujuan untuk membina dan meningkatkan kemampuan seluruh prajurit Kodim 0703/Cilacap guna menunjang pelaksanaan tugas pokok TNI AD.

"Kegiatan ini diikuti seluruh personil dan ASN Kodim 0703/Cilacap. Melalui tes ini, kita dapat mengukur dan mengetahui kemampuan jasmani prajurit dan ASN," ujarnya.

Ditegaskan Mayor Inf. Rofiq Alfian, setiap 6 bulan sekali, dihadapkan dengan tantangan tugas yang semakin komplek, sehingga dituntut prajurit yang profesional dan memiliki fisik yang tetap prima. "Oleh karena itu, dibutuhkan pembinaan fisik secara rutin," tandas Kasdim. //Wd/Pendim.