Senin, 27 November 2017 - 19:01:32 WIB
Cinta Tanah Air, Peserta Diklatama CBP - KPP Majenang Diberikan Materi Bela Negara
Diposting oleh : Widodo
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 497 kali

Cilacap - Guna meningkatkan dan mengembangkan rasa cinta kepada tanah air. Bati Wanwil Koramil 13/Majenang, Kodim 0703/Cilacap, Serka Moh. Subaidi berikan materi Bela Negara pada kegiatan Diklatama CBP - KPP yang tergabung dalam PAC IPNU-IPPNU Majenang, bertempat di MI Sabillunajah, Desa Pahonjean, Kecamatan Majenang, Kabupaten Cilacap, Senin (27 November 2017).

Pada kesempatan tersebut, Serka Moh. Subaidi memberikan materi Pendidikan Pendahuluan Bela Negara (PPBN) kepada para peserta Diklatama CBP - KPP agar para peserta memahami dan mengerti tentang Bela Negara. Sehingga timbul semangat untuk mencintai Tanah Air, Bangsa dan Negara Kesatuan Republik  Indonesia.

Selain itu, Serka Moh. Subaidi juga memaparkan materi tentang Pancasila, yaitu asal usul dan sejarah Pancasila, mengapa menjadi dasar negara yang pada tanggal 1 Juni diperingati sebagai hari lahirnya dan tanggal 1 Oktober di peringati sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

Menurut Serka Moh. Subaidi, tujuan diberikan pembekalan bela negara, agar para peserta Diklatama ini mengerti dan memahami sekaligus bisa mengamalkan dan mengimpletasikan dalam kehidupan sehari-hari, dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara kesatuan Republik Indonesia.

"Harapannya, para peserta Diklatama CBP - KPP yang tergabung PAC IPNU-IPPNU Majenang bisa mengingat kembali sejarah bangsa Indonesia yang sudah ditorehkan oleh pendahulu kita," tuturnya.

Serka Moh. Subaidi menilai sekarang ini, pengaruh lingkungan dan pengaruh globalisasi perkembangan jaman semakin tajam. Para pemuda bisa lupa akan hal tersebut, tugas kita adalah  mengingatkan.

"Sebagai Aparat Kewilayahan, kami punya tugas dan tanggung jawab dalam pembinaan kewilayahan. Kegiatan ini merupakan tugas pokok Kowil dalam pembinaan Teritorial di wilayahnya," terangnya.

Hal senada juga diungkapkan Danramil 13/Majenang Kapten Ctp Rudi Dwianto, untuk mendukung pendidikan pendahuluan bela negara di wilayahnya dengan membentuk karakter yang positif pada setiap pemuda.

"Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran Bela Negara, membentuk patriot bangsa yang setia dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa serta senantiasa untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia."pungkas Danramil. //Wd/Pendim.