Sabtu, 23 April 2011 - 02:35:22 WIB
Dimana Indonesiaku..?
Diposting oleh : Suparjo
Kategori: Terawang - Dibaca: 6861 kali

Dahulu Bangsa Indonesia dikenal dengan budayanya, budaya Indonesia sebagai warisan leluhur yang telah mengajarkan kita untuk mengenal jatidiri sebagai manusia Indonesia. Budaya Indonesia menyimpan nilai-nilai luhur yang dapat digunakan sebagai pedoman dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa, seperti semangat gotong-royong, kekeluargaan, toleransi dan apresiasi terhadap kebhinekaan, mengingat keragaman budaya Indonesia adalah kekayaan terbesar untuk sebuah negeri yang harus kita jaga keutuhannya.

Sebagai negara kepulauan yang terbesar di dunia, dan mengingat keanekaragaman yang sangat luas dalam berbagai bidang dan dimensi kehidupan seperti suku, bahasa, adat-istiadat dan kekayaan sumber daya alam. Hal ini akan sulit sekali untuk mengawasi dan menjaga keberadaannya. Namun, kesulitan itu sebenarnya sudah diantisipasi oleh para pendiri negeri ini jauh sebelum Negara Indonesia dilahirkan. Seperti Supah Palapa (Gajahmada), Sumpah Pemuda (28 0ktober 1928) yang tujuannya tidak lain untuk menjaga keutuhan Bangsa Indonesia.

Faktor terpenting dalam melaksanakan semua itu hanya dengan kembali menjadi manusia yang berbudaya Indonesia. Tantangan yang dihadapi Indonesia saat ini, mengikisnya nilai-nilai luhur bangsa yang dahulu menjadi kebanggaan kita. kini mulai terpinggirkan oleh pengaruh budaya asing melalui pendekatan ekonomi dan teknologi. Kebersamaan, tolong-menolong, gotong-royong dan toleransi antar umat beragama pun mulai luntur atau bahkan sudah luntur.

Mungkinkah negeri yang dikenal dengan lemah-lembut tutur bahasa, hidup rukun sejahtera, toleransi beragama dan keragaman budaya dapat kembali terwujud ditengah krisis multidimensi yang melanda negeri ini. Jawabannya ada pada diri kita, untuk kembali pada jatidiri Indonesia, menghargai sekaligus memahami kearifan budaya lokal, dan menghidupkan semangat nasionalisme, patriotisme serta idealisme dengan bumbu lama kita "AKU CINTA INDONESIA".//suparjo