Sabtu, 18 November 2017 - 13:02:05 WIB
Kawal Dana Desa, Danramil Kesugihan Hadiri Rakor Monitoring Penggunaan Dana Desa
Diposting oleh : Widodo
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 432 kali

Cilacap - Guna mengawal pengunaan Dana Desa agar sesuai dengan peruntuknya, Danramil 06/Kesugihan, Kodim 0703/Cilacap, Kapten Inf. Agus Sudarso ikuti rapat koordinasi dalam rangka monitoring dan evaluasi dana pembangunan desa, beserta Forkompimcam  di pendopo Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap, Jumat (17 November 2017).

Rakor monitoring penggunaan dana desa tersebut, dihadiri Camat Kesugihan Bambang Wijoseno S.Sos.,M.Si, Kapolsek AKP. Asep K, Danramil 06/Kesugihan, Kapten Inf. Agus Sudarso,Pendamping Desa Kecamatan  Kesugihan Ahmad Wahyudin dan Agus Widodo S.Sos serta  para Kades dan pendamping desa se-Kecamatan Kesugihan.

Dana Desa (DD) merupakan pendapatan utama. DD dapat digunakan untuk membiayai program dan kegiatan prioritas yang telah disepakati dan ditetapkan di dalam musyawarah perencanaan pembangunan desa (Musrenbang Desa) tentang Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) setiap  tahun. 

Penggunaan dana desa secara swakelola atau padat karya adalah untuk penyerapan tenaga kerja di desa, khususnya warga miskin, serta penyediaan sarana dan prasarana dasar desa, seperti jalan lingkungan, jalan usaha tani, jembatan,  dan  saluran irigasi.

Prioritas penggunaan dana desa setiap tahun diatur dengan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi tentang Prioritas Penggunaan  Dana Desa.

Dalam rakor tersebut, Danramil Kesugihan, Kapten Inf. Agus Sudarso menghimbau, untuk saling menjaga dan kerjasama, sehingga sesuai dengan yang dimandatkan oleh peraturan menteri dalam membangun desanya masing-masing.

Dia juga meminta kepada para Kades untuk tidak menyelewengkan anggaran dana desa, karena dengan hal itu sebenarnya menguntungkan pihak kepala desa jika tidak ada penyelewengan dana desa.

"Jika anggaran dana desa di gunakan sesuai dengan prosesur untuk apa harus takut. Dengan kerjasama dan koordinasi yang baik. Gunakanlah dana desa dengan benar dan baik dan sesuai dengan prosedur yang ada, maka dapat dipertanggung jawabkan." tuturnya. //Wd/Pendim