Kamis, 16 November 2017 - 11:15:32 WIB
Koramil 01/Cilacap Persiapkan Siswa SMK N 2 Ikuti Lomba PBB Tingkat Jawa Tengah
Diposting oleh : Widodo
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 437 kali

Cilacap - Dalam rangka persiapan mengikuti lomba PBB tingkat  Jawa tengah dan Jawa Barat  yang akan dilaksanakan terpusat di SMK N 1 Wanareja, Kecamatan Wanareja, Kabupaten Cilacap mendatang. Koramil 01/Cilacap, Kodim 0703/Cilacap, berikan materi baris berbaris kepada siswa siswi SMK N 2 Cilacap di halaman Makodim 0703/Cilacap, Kamis (16 November 2017).

Menurut Danramil 01/Cilacap, Kapten Kav. Nur Sohib Ansori pemberian materi PBB kepada para siswa ini berdasarkan atas permintaan dari sekolah SMK N 2 Cilacap, sehingga personel tidak serta merta langsung melatih para siswa.    

"Tujuan utama dari pemberian materi PBB ini bukan untuk menang ataupun kalah akan tetapi melatih kedisiplinan dan mental dari para siswa agar selalu siap dalam menghadapi situasi da kondisi apapun dalam kehidupan sehari-hari," terangnya.

Danramil menambahkan selain melatih disiplin dan mental siswa, latihan ini juga untuk menanamkan jiwa kekompakan dan rasa tanggung jawab serta rasa cinta tanah air dalam diri siswa.

“Mencetak siswa-siswi dapat menguasai materi PBB dalam menghadapi lomba tidaklah mudah. Selain mengerti tentang materi PBB juga harus mempuyai sifat sabar dan ikhlas, karena pada umumnya mereka belum mengerti tentang dasar PBB yang benar,” tutur Danramil.

Dijelaskan Nur, guru Pendidik Jasmani yang ada di sekolah belum menguasai materi peraturan baris-berbaris, apalagi untuk materi lomba sangat banyak gerakan dan tingkat kesulitan dan harus berurutan.

Untuk mendukung, sambung Danramil, tercapainya target yang diharapkan, pihak sekolah selalu berkoordinasi untuk minta bantuan dari anggota TNI yang ada di wilayahnya, dalam memberikan materi PBB baik akan mengikuti lomba maupun untuk mendidik dan membina karakter serta kesiplinan siswa.

"Koramil selaku pembina kewilayahan akan selalu siap kapan saja. Kita siap membantu. Materi lomba PBB agar memperoleh hasil yang maksimal dibutuhkan konsentrasi, loyalitas dan kekompakan serta semangat yang tinggi dari para siswa sebagai peserta didik," pungkas Danramil. //Wd/Pendim.