Selasa, 14 November 2017 - 20:29:06 WIB
Jaga Keutuhan NKRI, Kapolres Banjar Pererat Silaturahmi dengan Lintas Agama
Diposting oleh : Widodo
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 188 kali

Banjar - Gerakan paham radikalisme yang juga berujung pada tindakan terorisme saat ini, telah merambah ke berbagai sektor kehidupan di Indonesia dan mengancam Keutuhan Negara Kedaulatan Republik Indonesia (NKRI).

Demi menjaga Keutuhan Negara Kedaulatan Republik Indonesia (NKRI), Kapolres Banjar AKBP Twedi. AB, S.Sos, Sik, MH melalui Sat Binmas Polres Banjar, menggelar kegiatan Fokus Group Diskusi (FGD) dengan tajuk ‘Antisipasi Radikalisme dan Intoleransi Antar Umat Beragama Demi Keutuhan NKRI’ bersama Usur Agama se Kota Banjar, Senin (13 November 2017) lalu.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh kapolres Banjar, AKBP Twedi. AB, S.Sos, Sik, MH dihadiri oleh Jajaran Polres Banjar, Camat Kota Banjar, Kakamenag kota Banjar, Ketua MUI kota Banjar, Ketua FKUB Kota Banjar, Kakesbangpol Kota Banjar, serta Perwakilan lintas agama Kristen protestan, Kristen Katolik, dan Kong hutsu.

Dalam sambutanya, Kapolres Banjar,  AKBP Twedi. AB, S.Sos, Sik, MH menyampaikan bahwa Kegiatan ini penting dilakukan demi menyamakan persepsi dalam mendukung program pemerintah guna menciptakan situasi yang aman dan kondusif.

"Dengan menjalin silaturahmi antar pemeluk agama, Polri berharap bisa mencegah adanya perbedaan paham maupun intoleransi yang dapat mengakibatkan perpecahan serta merusak kerukunan hidup antar umat beragama," terang Twedi.

Selain itu, Twedi meminta kerja sama dan dukungan Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kota Banjar. Polri, Pemerintah Daerah, Tokoh Agama untuk bersama sama mencegah adanya isu-isu mengarah SARA yang dapat merusak Kebhinekaan bangsa.

Sementara itu, Ketua MUI Banjar, KH. Muhtar Gozali mendukung langkah-langkah Kapolres Banjar yang mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga kerukunan hidup beragama demi mewujudkan kamtibmas di Kota Banjar. Nantinya bisa menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dalam menjalankan ibadah sesuai dengan keyakinannya.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, para narasumber yang diundang untuk memaparkan materi FGD diantarnya dari Kakamenag Kota Banjar, Kasat intelkam Polres Banjar, Ketua FKUB Kota Banjar, dan Kakesbangpol Kota Banjar, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab. //Heru.