Rabu, 18 Oktober 2017 - 09:48:53 WIB
Grebeg Suran Baturraden
Diposting oleh : Ipung
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 498 kali

Ribuan pengunjung memadati Lokawisata Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah untuk menyaksikan ritual grebeg sura dan lomba tenong, Minggu 15 Oktober 2017) lalu.

Prosesi kirab yang lebih menonjolkan sisi kesakralan ritual ini diawali dengan Mangala Yudha, diikuti barisan Rontek oleh anggota Karang Taruna Baturraden. Kemudian diikuti dua gunungan setinggi tiga meter yang berisi berbagai hasil bumi seperti aneka jenis sayur mayur, sembilan bahan pokok, serta berbagai jenis buah-buahan.

Untuk peserta Grebeg Suran 2017, diberangkatkan dari Bumi Perkemahan Wanawisata, menempuh jarak kurang lebih 3 kilometer menuju Lapangan Lokawisata. Setiap desa membawa puluhan tenong dan sebagian menyuguhkan seni kentongan serta hadroh.

Upacara grebeg sura diawali dengan penyerahan sesaji oleh Ketua Umum Paguyuban Kerabat Mataram (PAKEM) kepada Bupati Banyumas Ir Achmad Husein, yang kemudian diserahkan kepada pemangku dan juru kunci Baturraden.

Pada acara grebeg suran kali ini juga diadakan ritual Suwukan yang dilakukan oleh Bupati Banyumas Ir Achmad Husein dan wakil Bupati Budhi Setiawan di akhir acara. Ritual Suwuk ini cukup berkesan bagi para pengunjung yang membawa anaknya.

Sepert kegiatan grebeg suran pada umumnya, ribuan masyarakat langsung berebut gunungan untuk mendapatkan hasil bumi yang ada, dan kegiatan dilanjutkan dengan larungan tumpeng di kali Gumawang oleh Bupati banyumas dan wakil serata para undanga lainnya dan dilanjutkan dengan penyembelihan kambing kendit di komplek petilasan Baturraden.//ipung