Senin, 16 Oktober 2017 - 16:09:01 WIB
Grebeg Suran Tumpeng Kuat, Kupat Slamet
Diposting oleh : Ipung
Kategori: Budaya - Dibaca: 421 kali

Tumpeng kuat, kupat slamet menjadi tema dalam perayaan grebeg suran padepokan Cowong Sewu Desa Pangebatan, Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas, Minggu (15 Oktober 2017) lalu.

Acara yang digelar di lapangan desa setempat ini menjadi perhatian ratusan warga baik dari desa dan kecamatan setempat maupun dari luaran daerah.

Titut Edi Purwanto selaku pemilik dan ketua padepokan Cowong Sewu diakhir acara mengatakan, grebeg suran kali ini selain sudah menjadi agenda tahunan juga sebagai bentuk keprihatinan terhadap gunung slamet yang sudah mulai tercemar.

"Ta tema ini juga sebagai sentilan kepada pihak-pihak terkait atas tercemarnya gunung slamet karena adanya pembangunan PLTP," jelas Titut.

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, pada acara grebeg suran kali ini juga diwarnai aksi teatrikal oleh Titut beserta anggota cowong sewu dan melukis oleh pelukis Hadiwijaya.

Hadir pula pada acara itu, Khutibul Umam Wiranu M.Hum salah satu anggota DPR RI asal Cilongok, camat Karanglewas dan beberapa tamu undangan lainnya.