Kamis, 12 Oktober 2017 - 20:19:28 WIB
Pembinaan dan Peningkatan Kinerja Petugas Pengelola Administrasi Kepegawaian
Diposting oleh : Widodo
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 502 kali

Cilacap - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Cilacap melalui Bidang PPTK melaksanakan kegiatan pembinaan dan peningkatan kinerja petugas pengelola adminstrasi kepegawaian yang bertugas di UPT Dinas P dan K kecamatan, Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se Kabupaten Cilacap, Kamis (12 Oktober 2017), di Gedung Dwija Loka.

Kegiatan pembinaan dan peningkatan kinerja petugas pengelola administrasi kepegawaian dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Warsono, dan diikuti 93 peserta yang terdiri 25 peserta dari UPT dan SKB serta 68 peserta dari SMP se Kabupaten Cilacap.

Dalam sambutanya, Kepala Pendidikan dan Kebudayaan Cilacap, Warsono mengajak petugas pengelola administrasi kepegawaian (peserta) untuk meningkatkan kompetensi dan kinerjanya, sehingga sistem administrasi kepegawaian di Cilacap lebih tertib dan profesional sesuai dengan tupoksinya masing-masing.

Para peserta yang mengikuti kegiatan tersebut sangat antusias menyimak setiap materi yang dipaparkan oleh narasumber dari pejabat struktural di lingkungan Dinas P dan K Cilacap. Narasumber yang dihadirkan Kabid PPTK, Paiman, S.Ag M.Pd, Kasi PPTK SMP, Retno Eko Indarwati, S.Pd, MM, Kasi PPTK SD, Drs Margono dan Kasi Paud dan Dikmas, Nina.

Saat ditemui disela-sela kegiatan tersebut, Kabid PPTK, Paiman, S.Ag menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kompetensi dan kinerja petugas pengelola administrasi kepegawaian yang berada di UPT Dinas P dan K tingkat kecamatan, SKB dan SMP dalam melaksanakan tugas-tugas rutin sesuai tanggungjawab dan fungsinya masing-masing.

"Artinya, mereka harus memahami apa yang menjadi tupoksi-nya masing-masing, sehingga tingkat kesalahan dalam administrasi dapat diminimalisir. Dengan begitu, kedepan petugas pengelola administrasi kepegawaian lebih profesional dan proposional," ujar Paiman.

Ditegaskan Paiman, kegiatan ini untuk membangun mainset dan meningkatkan pengetahuan petugas pengelola adminstrasi kepegawaian tentang sistem kompetensi dan kinerja kepegawaian serta sistem administrasi yang tertib.

Hal senada juga diungkapkan Kasi PPTK SMP, Retno Eko Indarwati, S.Pd, MM, melalui kegiatan ini, petugas pengelola administrasi kepegawaian di UPT, SKB dan SMP, diharapkan bisa memahami dan meminimalisir kesalahan dalam tingkat administrasi, sehingga tidak ada kesalahan di kemudian hari.

Dijelaskan Retno, materi yang disampaikan yakni kebijakan pemerintah daerah khususnya tentang pendidikan, kompetensi pegawai, administrasi kepegawaian, penanganan kasus dan materi syarat kinerja pegawai (SKP).

"Dengan diadakan kegiatan ini, kedepan kompetensi dan kinerja petugas pengelola administrasi kepegawaian lebih kompeten dan profesional," ujarnya.

Kegiatan yang berlangsung dari pukul 07.30 hingga 16.00 WIB yang diadakan oleh Dinas P dan K Cilacap disambut dan direspon baik oleh para peserta, salah satunya, Harsono dari SMP Negeri 1 Maos.

Harsono mengaku dengan adanya kegiatan ini, peserta banyak memperoleh wawasan dalam meningkatkan kompetensi dan kinerja sesuai dengan tupoksinya.

"Kegiatan ini sangat baik (positif). Perlu dikembangkan terus sehingga kompetensi, kinerja dan pengelolaan administrasi pendidikan di Cilacap terus meningkat," ujarnya. //wd