Sabtu, 26 Agustus 2017 - 07:03:13 WIB
Semarakan HUT RI Ke 72, Pemkab Cilacap Gelar Lomba Panjat Pinang
Diposting oleh : Widodo
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 583 kali

Cilacap - Dalam rangka menyemarakan dan memeriahkan HUT RI ke 72, Pemerintah Kabupaten Cilacap menggelar Lomba Panjat Pinang yang berlangsung sangat meriah di Lapangan Dinas Pariwisata Cilacap, Jumat (25 Agustus 2017) siang.

Panjat pinang memang sudah identik dengan hiburan rakyat saat memperingati HUT RI. Kebersamaan dan kerja sama para peserta untuk mencapai puncak dan merebut hadiah mencerminkan semangat persatuan para pejuang saat berjuang untuk kemerdekaan RI.

Lomba panjat pinang dibuka oleh Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji, disaksikan masyarakat dan para pejabat dijajaran Pemkab Cilacap. Lomba yang menampilkan 10 pohon pinang dan diperebutkan oleh 10 tim yang masing-masing tim terdiri dari 7 peserta ini, berhasil menyedot perhatian masyarakat Cilacap kota dan sekitarnya untuk menyaksikan gelaran panjat pinang, yang memperebutkan hadiah yang sangat menarik.

Saat ditemui, Pelaksana Lomba Panjat Pinang, Dodi Riyanto menjelaskan panjat pinang ini, memang spesial untuk memeriahkan 17 Agustus. Lomba ini diikuti oleh 10 tim yang terdiri dari 4 tim dari Cilacap Selatan, 3 tim dari Cilacap Utara dan 3 tim dari Cilacap Tengah.

"Para peserta mendaftar melalui kecamatan masing-masing. Perekrutan peserta langsung dari kecamatan, kami hanya melaksanakan kegiatan panjat pinangnya saja. Berbagai jenis hadiah yang digantung di setiap pohon pinang bernilai Rp 7,5 juta ," tuturnya di sela-sela kegiatan panjat pinang, Jumat (25 Agustus 2017).

Penonton semakin heboh,  menyaksikan aksi para peserta yang kerap jatuh bangun saat menaiki pohon pinang yang batangnya dilumuri dengan oli dan di bagian atas disiapkan berbagai hadiah menarik seperti sepeda, televisi, kompor gas, kipas angin, dispencer, magic com dan berbagai hadiah menarik lainnya.  

Saat ditemui usai menyaksikan panjat pinang, Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji mengatakan kegiatan ini (panjat pinang), untuk memeriahkan Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Setelah kita merdeka, setiap tahun harus diperingati, tetapi tidak hanya sekedar memperingati.

"Namun, bagaimana Indonesia kedepan bisa mandiri. Artinya kita harus membangun bangsa dan negara ini, dengan kerja, kerja, kerja dalam Bangga Mbagun Desa," tutur Bupati.

Sementara itu, menurut Seksi Perlombaan HUT RI ke 72 Cilacap, Murniyah, panjat pinang ini, filosofi edukatif-nya ada. Harus ada kejasama yang baik dari awal sampai puncak untuk memperoleh keberhasilan. Sebenarnya filosofi  yang diambil dari panjat pinang ialah kerjasama. Tanpa kerjasama yang baik maka tidak akan tercapai satu tujuan.

"Nah filosofi ini, yang harus dipahami oleh para pemanjat pinang. Jika tidak ada kerjasama dan saling mendukung  jangan harap bisa sampai ke puncak untuk tujuan yang diperoleh. Dibutuhkan strategi dan kerja sama yang baik dalam 1 tim agar berhasil mencapai tujuannya," tuturnya. //wd