Kamis, 24 Agustus 2017 - 21:20:38 WIB
Karnaval Pembangunan HUT RI ke 72 Hibur Masyarakat Cilacap
Diposting oleh : Widodo
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 506 kali

Cilacap - Karnaval pembangunan dan aksi terjun payung dilakukan oleh Pasukan Elit Detasemen Jala Mangkara (Denjaka) TNI AL dalam rangka Hari Ulang Tahun RI ke 72 yang digelar Pemkab Cilacap, Rabu (23 Agustus 2017) menghibur masyarakat Cilacap.

Sekitar 337 mobil hias turut memeriahkan karnaval pembangunan dan mobil hias tingkat Kabupaten Cilacap. Berbagai bentuk mobil hias dengan kreasi yang menarik ditampilkan oleh para peserta, yang terdiri dari SKPD di jajaran Pemkab Cilacap, Polri, TNI AL, perusahaan BUMN, BUMD, swasta, sekolah, dan masyarakat.

Karnaval pembangunan mobil hias yang mengambil start di jalan Setia Budi dilepas oleh Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji. Kendaraan yang dihias dari bentuk ikan, kura-kura, kendaraan rantis, robot, perahu, hewan unta, kuda dan lain-lain, melintasi jalan Protokol di kota Cilacap yakni Perintis Kemerdekaan, Gatot Subroto, S. Parman dan Jalan A. Yani.

Arak-arakan karnaval pembangunan, sudah di tunggu oleh ribuan masyarakat Cilacap di sepanjang jalan yang dilalui Karnaval Pembangunan. Penonton semakin terhibur dengan tampilnya para peserta yang mengenakan pakaian adat dan pakaian unik-unik lainnya.

Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji setelah melepas karnaval langsung ikut kendaraan jeep dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) serta membawa piala Adipura. Di jalan Gatot Subroto, Bupati turun dari jeep untuk menyapa dan berfoto ria dengan para penonton.

Sementara itu, ribuan masyarakat juga terkonsentrasi di alun-alun Cilacap, sebagai titik finish dari Karnaval pembangunan sejak pukul 13.00 WIB. Mereka dengan sabar menunggu atraksi yang menarik berupa terjun payung yang dilakukan oleh Detasemen Jala Mangkara (Denjaka) TNI AL.  

Begitu atraksi terjun payung dan stebo mulai berlangsung perhatian para penonton karnaval Pembangunan dan kendaraan hias, beralih kepada para penerjun dari Denjaka

Usai aksi terjun payung, Pasops Denjaka Letkol Marinir Samson Sitohang Perwira Pelaksana Latihan, menyampaikan, ada tujuh penerjun prajurit Denjaka yang terjun, diantaranya Kapten  Marinir Indra Maulana, Serma Marinir Anjar Nur S, Serka Marinir Sunarto, Serda Marinir Caswika, Serda Marinir Mujiono, Serka Marinir Asep Mulyadi dan Sertu Marinir Munandar.

Dijelaskan Letkol Marinir Samson, para Prajurit Denjaka yang terjun payung, memang dipilih yang asli dari Cilacap dan sekitarnya. Prajurit Denjaka terjun dari Helikopter jenis Bell HU-419 milik TNI AL dari ketinggian 5000 fit atau 1,5 hingga 2 Km diatas permukaan laut.

Dari tujuh yang terjun ini, lanjut Letkol Marinir Samson, ada enam yang masuk pada titik target di alun-alun Cilacap dan satu penerjun mendarat di luar. Namun, semuanya dalam kondisi aman.

Dalam aksi tersebut, para penerjun payung dari Denjaka membawa cenderamata yang diserahkan kepada Bupati Cilacap dan Kapolres Cilacap, serta membawa bendera TNI AL, bendera Pemkab Cilacap dan juga bendera merah putih.