Kamis, 24 Agustus 2017 - 18:19:41 WIB
Hari Jadi Banjarnegara Ke 186
Diposting oleh : Ipung
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 448 kali

Banjarnegara - Prosesi Kirab dalam rangka HUT Banjarnegara ke 186 di saksikan oleh masyarakat yang berjejer disepanjang jalan dari Banjarkulon Kecamatan Banjarmangu menuju kota Banjarnegara, Selasa (22 Agustus 2017) lalu.

Iring-iringan dokar yang membawa rombongan Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono bersama Istri dan Wakil Bupati Syamsudin serta rombongan Forkompinda dan para kepala OPD pun disambut lambaian tangan masyarakat. bahkan dari mereka banyak yang saling berdesakan untuk mendekat dan bersalaman dengan Bupati.

Iring-iringan bupati berhenti di DPRD dan kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju Pendapa Dipayudha Adigraha. Sesampainya di alun-alun iring-iringan disambut 1.000 Penari aplang yang turut memeriahkan prosesi tersebut.

Selain iring-iringan Panji Lambang Daerah, juga diarak sebanyak tujuh gunungan hasil bumi berupa padi, salak, sayuran, ketela, dan jajanan pasar. Tujuh gunungan hasil bumi itu diperebutkan oleh warga yang menyaksikan prosesi kirab tersebut. Warga rela berdesak-desakan berebut hasil bumi yang disusun pada gunungan itu demi mendapatkan berkah.

Sugito (35) salah satu warga mengaku sudah kesekian kali ikut berebut gunungan. Dengan mendapatkan isi gunungan ia berharap akan mendapatkan keberkahan.

Sementara Bupati Budhi Sarwono pada kesempatan tersebut mengatakan, sudah menjadi tradisi kirab hari jadi kabupaten Banjarnegara diadakan setiap tahun untuk memperingati lahirnya Kabupaten Banjarnegara yang di awali dengan perpindahan ibukota Kabupaten dari Banjarwatulembu atau Banjarkulon menuju Pendapa Dipayudha Adigraha. //ipung