Minggu, 20 Agustus 2017 - 15:29:33 WIB
Tari Semaran Semarakan Tasyakuran HUT RI ke 72 di RW XI Cilacap
Diposting oleh : Widodo
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 568 kali

Cilacap - Tari semaran yang dibawakan oleh para ibu rumah tangga warga RW XI, Kelurahan Cilacap, Kecamatan Cilacap Selatan, Cilacap dengan memerankan tokoh Punakawan turut menyemarakn acara Tasyakuran HUT RI yang dihelat oleh warga RW XI Kelurahan Cilacap, Sabtu (19 Agustus 2017) malam, di Jalan Tengiri Timur yang bertempat di halaman Balai Pertemuan RW XI Cilacap.

Selain tari semaran, acara tasyakuran juga dimeriahkan dengan tari gemar makan ikan (gemari), tari maumere, tari morena dan penampilan band yang dibawakan oleh anak-anak dari warga lingkungan RW XI Cilacap.

Acara tasyakuran yang dikemas dengan dekorasi kekayaan hasil tangkapan khas nelayan Cilacap  dihadiri Lurah Cilacap, Joko Priatno, Ketua RW XI Misban, Ketua RT 01, 02, 03 dan 04, dan warga warga RW XI.

Dalam sambutannya, Ketua Panitia HUT RI, RW XI Cilacap, Karso menyampaikan laporan seluruh kegiatan yang dilaksanakan dan sumber dana yang didapat dalam memeriahkan HUT RI ke 72. Diakui Karso, awalnya panitia merasa prihatin. Masalahnya, kegiatan ini, terlaksana dengan modal nekat (monek).

Lebih lanjut, Karso menerangkan, berkat dukungan dari semua pihak baik, dari donatur instansi, perusahaan dan semua warga RW XI, kegiatan tasyakuran HUT RI ke 72 di lingkungan RW XI bisa terlaksana .

”Panitia, sangat mengapresiasi peran serta semua pihak yang telah menyukseskan tasyakuran HUT RI ke 72 di lingkungan RW XI Cilacap. Hal ini, sesuai dengan tema nasional HUT RI ke 72 yakni Indonesia kerja bersama," pungkasnya.

Hal serupa juga diungkapkan, Ketua RW XI Cilacap, Misban, melalui semangat HUT RI ke 72 Indonesia kerja bersama, pelaksanaan tasyakuran di lingkungan RW XI Cilacap, berjalan dengan baik. "Inilah bentuk kebersamaan kita, keguyuban warga lingkungan dari RT 01 hingga 04, dalam memperingati Dirgahayu Republik Indonesia, sehingga acara tasyakuran HUT RI ke 72 di lingkungan RW XI ini, berjalan dengan baik," tuturnya.

Dikatakan Misban, sebelumnya kegiatan HUT RI ini, dimeriahkan dengan berbagai perlombaan seperti lomba memasak nasi goreng, bakyak, dan tenis meja. Berbagai lomba yang diadakan diikuti oleh anak-anak, ibu-ibu dan bapak-bapak. "Semoga keguyuban ini, terus terjalin dan terjaga di lingkungan RW XI Cilacap," tuturnya.

Sementara itu, dalam sekapur sirihnya, Lurah Cilacap, Joko Priatno menyampaikan, sudah menjadi kewajiban bagi rakyat Indonesia, setiap 17 Agutus memperingati dan memeriahkan hari yang bersejarah dan dikeramatkan oleh bangsa Indonesia.

Namun demikian, lanjut Joko, kemeriahan ini diselenggarakan sesuai dengan keadaan dan kemampuan di lingkungan masing-masing. "Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Cilacap, khususnya Kelurahan Cilacap, mengucapkan banyak terimakasih kepada masyarakat mulai dari kegiatan kerja bakhti lingkungan, pemasangan bendera, umbul-umbul dan lampu hias dalam Dirgahayu Republik Indonesia," tuturnya.

Dijelasan Joko, tahun ini himbauan dari pemerintah, pemasangan bendera Merah Putih, terhitung mulai tanggal 1 hingga 31 Agustus 2017, sehingga terasa kemeriahannya termasuk untuk perlombaan, permainan, keramaian (karnaval) dan sebagainya, baik dari anak-anak, remaja hingga orang tua dilaksanakan hingga akhir bulan Agustus.

"Hal itu sangat luar biasa, sesuai dengan tema nasional Indonesia Kerja Bersama. Sementara untuk tema Kabupaten Cilacap, Cilacap Kerja Bersama. Oleh karena itu, saya ucapkan terima kasih kepada semua masyarakat yang telah mendukung penuh peringatan dan Tasyakuran HUT RI ke 72 Kelurahan Cilacap yang dilkasanakan 18 Agustus 2017 kemarin," tuturnya. //wd