Kamis, 17 Agustus 2017 - 20:48:02 WIB
Bupati Serahkan Remisi di LP Cilacap
Diposting oleh : Widodo
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 627 kali

Cilacap - Usai upacara peringatan detik-detik Proklamasi, Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, didampingi Forkompimda Kabupaten Cilacap, langsung menuju ke Lembaga Pemasyarakatan Cilacap, guna menyerahkan remisi 17 agustus 2017.

Sejumlah 1.023 warga binaan di LP Nusakambangan dan  Cilacap mendapatkan remisi umum I dan II. Warga binaan yang mendapat remisi umum I sejumlah 984 orang (mendapat pengurangan masa tahanan) dan 39 warga binaan mendapat remisi umum II atau langsung bebas. Penyerahan remisi dilakukan oleh Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji di aula LP Cilacap, Kamis (17 Agustus 2017).

Menurut Kepala Lembaga Pemasyarakatan Cilacap, Sujonggo, 39 warga binaan yang mendapatkan remisi umum II atau bebas terdiri dari Lapas Batu Nusakambangan 3 orang, Lapas Besi 1 orang, lapas Narkotika 2 orang, Lapas Kembang Kuning 2 orang, Lapas Permisan 2 orang, Lapas Terbuka 6 orang dan Lapas Cilacap 6 orang.

Selain itu, lanjut Sujonggo pada HUT ke 72 Kemerdekaan RI, sejumlah 984 warga binaan se Nusakambangan dan Cilacap juga mendapatkan Remisi Umum I. Saat ini total hunian di Lembaga Pemasyarakatan Nusakambangan dan Cilacap berjumlah 1.977 orang.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji mengatakan, upaya mewujudkan cita-cita kemerdekaan merupakan tanggung jawab segenap lapisan masyarakat. Tidak terkecuali para warga binaan yang saat ini sedang menjalani pidana di Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara.

Menurut Menteri, pemasyarakatan merupakan sarana dalam nation and charater building harus dapat memberikan sebuah makna bahwa negara dituntut untuk program pembinaan.

Salah satu yang diharapkan adalah dapat menstimulir setiap narapidana dan anak, agar mampu melakukan self propelling adjustment  yaitu kemampuan penyesuaian diri untuk kembali ke masyarakat dan ikut berperan aktif dalam pembangunan, ujar Menteri Yassona  Laoly. Tatto juga berpesan kepada warga binaan yang mendapat remisi umum II agar dapat menjalani kehidupan yang lebih baik dalam bermasyarakat di lingkungannya.