Kamis, 17 Agustus 2017 - 20:42:28 WIB
Tatto Suwarto Pamuji Pimpin Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi
Diposting oleh : Widodo
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 658 kali

Cilacap - Bupati Cilacap Tatto Suwarto memimpin upacara memperingati detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia, Kamis (17 Agustus 2017), di Alun-alun Kabupaten Cilacap.

Turut hadir dalam peringatan HUT ke 72 Kemerdekaan RI, Forkopimda Kabupaten Cilacap, Wakil Bupati Cilacap Akhmad Edi Susanto, PLT Sekretaris Daerah Drs. Farid Maruf, MM, para veteran, angkatan 45, para Kepala SKPD dijajaran Pemkab Cilacap, dan undangan lain.

Sebelum upacara dimulai, ditampilkan sosiodrama dengan judul "Kridaning warga, upayo Raharjaning Projo". Tepat pukul 10.00 wib Peringatan Detik-Detik Proklamasi ditandai dengan dibunyikan sirine, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Proklamasi oleh Bupati Tatto Suwarto Pamuji dan pembacaan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 oleh Ketua DPRD Kabupaten Cilacap, Taswan. Untuk pembacaan doa dilaksanakan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Drs. Jamun Effendi.

Dalam prosesi upacara tersebut, Kapten Inf. Saidin, Danramil 11 Sidareja menjadi Komandan upacara‎. Sedangkan Komandan Paskibraka dipercayakan kepada Lettu Laut (PM) Imam Mahfud dari Lanal Cilacap.

Pasukan pengibar bendera (Paskibra) terdiri dari 74 pelajar SMA dan SMK se Kabupaten Cilacap. Pembawa bendera pusaka,  Nur Meiliana Safitri dari SMK 18 LPPMRI Sidareja dan pembawa bendera merah putih, Enjeli Cistia Sukmawati dari SMA Negeri 1 Cilacap.

Pengibar bendera dipercayakan kepada tiga orang yakni, Mohamed Rafi dari SMA Negeri 3 Cilacap, Agung Wiranata dari SMA Negeri 1 Kroya dan Adhitya Kusuma dari SMA Negeri 1 Sidareja. Upacara diiringi oleh drumband SMP Negeri 5 Cilacap dan SMP Negeri 7 Cilacap.

Usai upacara, Bupati Cilacap,Tatto Suwarto Pamuji, Wakil Bupati Cilacap Akhmad Edi Susanto, PLT Sekretaris Daerah Drs. Farid Maruf, MM, para veteran, angkatan 45, para Kepala SKPD dijajaran Pemkab Cilacap, dan undangan lain, dihibur dengan senam massal Maumere yang ditampilkan oleh 535 anak-anak SD dari kelas 3,4, dan 5 se Kecamatan Cilacap Tengah dan Selatan