Rabu, 02 Agustus 2017 - 14:37:48 WIB
Kabing Kejobong Sebagai Ras Kekayaan Sumber Genetik Lokal
Diposting oleh : Ipung
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 603 kali

Purbalingga - Surat Keputusan Kementerian Pertanian Nomor 301/kpts/SR120/5/2017, kambing Kejobong Purbalingga sudah ditetapkan sebagai ras kekayaan sumber genetik ternak lokal.

Hal ini diucapkan Kepala Dinas Pertanian, Lily Purwati saat menghadiri Gelar Potensi Peternakan di komplek Pasar Hewan Purbalingga yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Purbalingga, Selasa (1 Agustus 2017) lalu.

Pada kesempatan itu Lily Purwati mengatakan, sejak dahulu, kambing khas Kejobong sudah cukup populer. Kambing ini memiliki ciri-ciri yaitu bulu yang didominasi warna hitam dengan ukuran tubuh sedang.

Saat ini populasi ternak kambing Kejobong sudah mencapai 59.588 ekor. Terdiri dari ternak jantan 22.622 ekor dan betina 37.363 ekor. Diharapkan, kambing Kejobong ini kedepan dapat menjadi maskot ternak Purbalingga seperti daerah lainnya.

Pihaknya terus berupaya agar populasi ternak di kabupaten Purbalingga semakin meningkat, termasuk populasi kambing Kejobong dengan mengusulkan kucuran dana dari APBN dan APBD. Untuk APBD melalui anggaran perubahan akan dikembangkan melalui anggaran sebesar Rp 100 juta yang dikhususkan untuk pengembangan kambing Kejobong.