Senin, 31 Juli 2017 - 22:44:22 WIB
SD Negeri Sidanegara 09 Cilacap Ditunjuk Menjadi Sekolah Model
Diposting oleh : Widodo
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 537 kali

Cilacap - SD Negeri Sidanegara 09 Cilacap yang berada di wilayah Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Cilacap Tengah, Cilacap, terpilih menjadi salah satu sekolah dari 14 sekolah dasar di Cilacap yang ditunjuk menjadi Sekolah Model oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah.

Sekolah model ialah sekolah yang ditetapkan dan dibina oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) untuk menjadi sekolah acuan bagi sekolah lain di sekitarnya dalam penerapan penjaminan mutu pendidikan secara mandiri.

Dengan ditunjuk menjadi sekolah model, SD Negeri Sidanegara 09 Cilacap diharapkan bisa menerapkan seluruh siklus penjaminan mutu pendidikan secara sistemik, holistik, dan berkelanjutan, sehingga budaya mutu tumbuh dan berkembang secara mandiri.

Disamping dijadikan sekolah percontohan bagi sekolah lain, dengan menerapkan penjaminan mutu pendidikan secara mandiri. Sekolah model memiliki tanggungjawab untuk mengimbaskan praktik baik penerapan penjaminan mutu pendidikan kepada lima sekolah di sekitarnya. Sekolah yang diimbaskan disebut dengan sekolah imbas.

Saat ditemui Pamor, Senin (31 Juli 2017), Kepala SD Negeri Sidanegara 09 Cilacap, Suswandi SPd MPd, menjelaskan SD Negeri Sidanegara 09 Cilacap, ditunjuk oleh provinsi untuk memberikan pelayanan minimal dalam memenuhi standar penjaminan mutu pendidikan secara mandiri. Untuk terpenuhi standar penjaminan mutu pendidikan ini, dimulai dari pelayanan minimal di tingkat internal dan eksternal sekolah.

"Standar pelayanan minimal di tingkat internal sekolah, itu akan terpenuhi dengan 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP). Jadi pada saat ini, saya yang ditunjuk jadi pimpinan di sekolah ini, akan berusaha mewujudkan pelayanan minimal dalam standar penjaminan mutu pendidikan di SD Negeri Sidanegara 09 Cilacap. Dan inilah yang disebut sekolah model," tuturnya.

Dijelaskan Suswandi, secara internal, pelayanan minimal mengacu pada 8 SNP diantaranya ialah standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, standar pendidikan dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan pendidikan, dan standar penilaian pendidikan. "Hal tersebut harus diterapkan dan dilaksanakan di lingkungan sekolah ini," ujarnya.

Sementara untuk pelayanan minimal dalam penjaminan mutu pendidikan tingkat ekternal ialah dukungan dan peran serta stakeholder dari dunia pendidikan, mulai dari dinas pendidikan, pengawas dan dinas yang terkait, dalam membantu program ini berjalan dengan baik. "Di Cilacap, sekolah dasar  yang di tunjuk menjadi sekolah model ada 14 SD. Salah satunya sekolah kami," ungkapnya.

Menurut Suswandi, sekolah yang ditunjuk menjadi sekolah model ialah SD Inti, karena diharapkan bisa berimbas kepada sekolah dasar yang ada disekitarnya, untuk menerapkan pelayanan minimal dalam penjaminan mutu pendidikan secara mandiri di sekolah masing-masing. Pencapaian dari sekolah model dan pola pengimbasan, ialah terciptannya budaya mutu pendidikan di satuan pendidikan.

"Hal itu, bisa terwujud dari kemauan dan kemampuan semua warga di lingkungan satuan pendidikan, orang tua anak didik dan fasilitas yang dimiliki sekolah, guna menciptakan budaya mutu sekolah itu. Roh sekolah model ialah sekolah berbudaya mutu. Dengan begitu, mutu pendidikan di Cilacap terus meningkat sesuai dengan SNP baik prestasi secara akademik maupun non akademik, " tuturnya. //wd