Jumat, 19 Mei 2017 - 21:17:37 WIB
Melatih Kemandirian dan Keberanian Anak
Diposting oleh : Widodo
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 530 kali

Kebumen - Senyum keceriaan tampak terlihat di wajah anak-anak TK Tunas Rimba 3, Purwokerto saat turun dari bis. Rasa lelah karena perjalanan pun sirna ketika memasuki Obyek Wisata Pantai Ayah, Gombong, Kebumen. Mereka bersenda gurau dan bermain bersama dengan teman-teman dan orang tua yang mendampinginya.

Sebagian anak didik ada yang bermain di sekitar obyek wisata dan ada yang mencoba wisata air dengan menaiki perahu melihat dan menikmati pemandangan pesona hutan mangrove dengan didampingi orangtuanya.

Tahun ini, acara pelepasan anak didik TK Tunas Rimba 3, Purwokerto, tahun ajaran 2016-2017 dikemas dalam kegiatan rekreasi untuk lebih mengenal lingkungan yang ada disekitarnya dan makhluk hidup yang ada di lautan.

Menurut Kepala TK Tunas Rimba 3, Purwokerto, Yatni, untuk pelepasan anak didik tahun ajaran 2016-2017, seperti yang disepekati oleh para komite, kami kemas dengan kegiatan rekreasi. "Kegiatan rekrasi ini, sesuai dengan dunia anak yaitu dunia bermain. Disamping bermain kita juga melatih kemandirian dan keberanian anak-anak," ujarnya, Jumat (19 Mei 2017) di Obyek Wisata Pantai Ayah, Kebumen.

Dikatakan Yatni, termasuk pengetahuan dalam mengenal lingkungan yang ada disekitarnya dan makhluk hidup ciptaan Tuhan YME yang ada di lautan. Harapannya dengan kegiatan ini, anak-anak dan orang tua merasa senang. Kedepan TK Tunas Rimba 3 semakin maju dan berprestasi. "Rekreasi sambil menambah pengetahuan, melatih kemandirian dan keberanian bagi anak," tuturnya.

Disebutkan Yatni, kegiatan ini, kita mengunjungi 3 tempat obyek wisata diantaranya Benteng Van Der Wijck Gombong, Kebumen, Pantai Ayah Gombong, Kebumen dan Pantai Jetis Cilacap. "Rencananya tiga tempat wisata kami kunjungi. Namun karena waktunya tidak cukup sudah merasa lelah karena perjalanan. Kesepakatan dari para orang tua, untuk wisata ke Pantai Jetis dibatalkan. Jadi hanya 2 tempat wisata yang dikunjungi," tuturnya.

Sementara itu menurut salah satu orang tua, Ni'mah, kegiatan ini, maksud dan tujuan bagus. Namun konsepnya harus lebih  baik lagi. Kedepan acara seperti ini sebaiknya dilaksanakan tidak perlu jauh-jauh. "Jadi tidak menyita waktu dalam perjalanannya. Kasihan anak-anak, capai diperjalanan. Sebaiknya kegiatan semacam ini, dilaksanakan di sekitaran Purwoketo saja," tuturnya.

Menurut Novi dan Ratih, kegiatan ini memang yang terkesan adalah anak-anak. Kami sebagai orang tua, tentunya mendukung untuk kegiatan anak. "Anak-anak pastinya senang. Bisa bermain dengan teman-temannya. Kalau kita sebagai ibu kan penginnya Shoping, disini pilihan untuk itu tidak banyak pilihan untuk shoping," ujarnya bersamaan sambil berkelakar. //wd.