Selasa, 25 April 2017 - 19:51:44 WIB
Tari Dolanan Tampah Raih Juara Pertama
Diposting oleh : Widodo
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 617 kali

Cilacap - Tari dolanan tampah (dopah) yang ditampilkan oleh 3 pelajar SD Negeri Sidanegara 01, Kecamatan Tengah, Cilacap, dengan durasi 6 menit 48 detik, berhasil meraih Juara I pada lomba Popda dan FLS2N tahun 2017, jenjang sekolah dasar (SD) tingkat kabupaten yang diselenggarakan, Sabtu (22 April 2017), di SMP Negeri 8 Cilacap, Jalan Jenderal Sudirman, Cilacap.

Menurut Kepala SD Negeri Sidanegara 01 Cilacap yang sekaligus sebagai koreografer dan pelatih tari dopah, Karmiyah, SPd, tahun ini sekolah kami menampilkan tari dopah pada kegiatan Popda dan FLS2N tingkat kabupaten yang diadakan di SMP Negeri 8 Cilacap.

"Alhamdulillah, menjadi Juara I dan insyaallah maju ke tingkat provinsi mewakili Cilacap," ujarnya saat ditemui di kantornya, Selasa (25 April 2017).

SD Negeri Sidanegara 01 Cilacap yang berada di jalan Argopuro Cilacap ini, kerap menorehkan prestasi gemilang dalam perlombaan seni tari baik di tingkat kecamatan dan kabupaten. Prestasi ini diukir bukan yang kali pertama sebelumnya di tahun 2016, tari lengger kentong (letong), juga berhasil meraih Juara I, baik ditingkat kecamatan maupun di kabupaten.

"Tahun kemarin kita belum bisa menorehkan prestasi di tingkat provinsi. Semoga tahun ini anak-anak kami bisa tampil dengan lebih sehingga bisa mendulang prestasi di tingkat provinsi meskipun sangat ketat persaingan di tingkat itu," tutur Karmiyah dengan nada optimis.

Karmiyah juga mengutarakan, tari dopah merupakan tari garapan yang disesuaikan dengan tema tahun ini yaitu tentang dunia permainan anak. Iringan dan gerak tari merupakan hasil kreativitas dari saya selaku penata tari. Sedangkan untuk musik pengiring tari yang dimainkan yaitu calung dan gamelan.

"Properti yang dipergunakan ialah tampah. Tampah ini merupakan peralatan tradisional yang biasa dipakai para ibu didapur. Peralatan tradisional ini, saya pergunakan sebagai properti untuk gerak dan tari sehingga kelak ketika dewasa anak lebih mengenal kegunaan tampah ini," terangnya.

Melalui seni dan budaya ini, anak-anak lebih mencintai budaya sendiri, melestarikan dan mengembangkan seni budaya yang ada sehingga tidak tergerus oleh perkembangan jaman. "Disamping itu dengan seni dan budaya bisa menjadi lahan untuk membentuk akhlak dan jiwa patriotisme sehingga anak-anak akan peduli dan handarbeni dengan mempertahankan budaya yang kita miliki sebagai jati bangsa Indonesia dan warisan leluhur," tuturnya.

Karmiyah merupakan sosok guru yang senantiasa melestarikan dan mengembangkan seni dan budaya khususnya seni tari ini, banyak menciptakan karya tarian yang selalu berpegang teguh dengan kearifan lokal diantaranya tari mangrove tinancap, gumregah bangga mbangun desa, lengger kentong, dolanan tampah dan tari gebrak getak sebagai wujud nguri-nguri seni dan budaya di Cilacap.

Disamping seni tari, SD Negeri Sidanegara 01 Cilacap, juga sarat dengan prestasi pada Popda dan FLS2N 2017, diantaranya kejuaraan karate mendulang 1 emas dan 2 perunggu. Sedangkan tenis lapangan meraih perunggu dan lomba TUB BB meraih Juara II tingkat kabupaten tahun 2017. //wid