Minggu, 23 April 2017 - 15:52:19 WIB
LSM GMBI KSM Kota Diresmikan
Diposting oleh : Widodo
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 605 kali

Cilacap - Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI), KSM Kota yang meliputi, Kecamatan Cilacap Selatan, Tengah dan Utaram diresmikan oleh Ketua LSM GMBI Distrik Cilacap, Tukin Sukedi, Sabtu malam  (22 April 2017) di Cafe Kana Kene, Jalan Setiabudi, Cilacap.

Peresmian dan deklarasi LSM GMBI KSM Kota diawali dengan pengambilan sumpah dan penyerahan SK pengurus KSM GMBI Kota serta penyerahan bendera GMBI dari Ketua LSM GMBI Distrik Cilacap, Tukin Sukedi kepada Ketua GMBI KSM Kota, Ellyanti.

Menurut, Ketua LSM GMBI Distrik Cilacap, Tukin Sukedi, agenda hari ini peresmia dan Deklarasi GMBI, KSM Kota yang meliputi Cilacap Selatan, Tengah dan Utara. Untuk gerakan tetap mengacu dengan apa yang menjadi misi dan visi serta berpedoman pada AD ART LSM GMBI.

"Sesuai dengan misi dan visi, GMBI akan terus melakukan pembelaan kepada masyarakat yang tertindas, terdholimi dan termarjinalkan," ujarnya sesuai acara peresmian dan deklarasi LSM GMBI, KSM Kota, Sabtu malam (22 April 2017).

Tukin berpendapat, Indonesia sudah merdeka. Namun, ternyata saat ini, belum merdeka dengan adanya sistem kapitalis dan aturan-aturan pemerintah yang belum sesuai yang diharapkan masyarakat. "Jangan sampai dengan adanya GMBI ini, masyarakat Cilacap masih tertindas," tuturnya.

Tukin juga menerangkan dengan adanya GMBI di KSM Kota ini, bisa membantu masyarakat yang tadinya belum paham masalah hukum dan takut dengan masalah hukum. Sekarang jangan merasa takut.

"Apapun kejadian yang terjadi di masyarakat seperti ketertindasan dan termajinalkan. Silahkan lapor ke GMBI dan sekarang dengan adanya GMBI KSM Kota semoga membantu dan bermanfaat bagi masyarakat yang berada di wilayah KSM Kota ini," ucapnya.

Tukin menegaskan GMBI tetap berkomitmen dengan misi dan visinyaI. Sekali melangkah, maju terus pantang mundur. GMBI akan terus memperjuangkan kebenaran dan keadilan kepada masyarakat serta menjaga Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI merupakan harga mati. 

Hal senada juga diungkapkan Ketua GMBI KSM Kota, Ellyanti, sesuai dengan misi dan visi, kami akan menjadi kontroling bagi sosial kemasyarakatan dan selalu ada untuk masyarakat yang tertindas dan termajinalkan serta menjaga kedaulatan NKRI.

"Disamping itu, kita juga akan menjadi kontrol sosial untuk kebijakan pemerintah yang tidak sesuai. Kita akan melakukan koreksi," ujarnya.

GMBI KSM Kota Cilacap, lanjut Ellyanti, tidak sama dengan KSM lain karena disini, kita memiliki Ketua KSM Kota dan ada dua ketua yang mewakili Cilacap Tengah, dan Cilacap Selatan. "Sementara semua melebur menjadi satu di GMBI KSM Kota," tuturnya.

Menanggapi perkembangan pembangunan mega proyek di Cilacap, Ellyanti menilai, kedepan Cilacap menjadi Singapore of Java, dengan adanya Cilacap menjadi kota yang sedemikian rupa berkembang. "Tentunya kami tidak akan tinggal diam sebagai penonton," ujarnya.

Ellyanti juga mengutarakan, kami akan ikut berkiprah dengan mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) profesional yang nantinya turut membangun dan mengawal pembangunan di Cilacap.

"Setelah deklarasi malam ini, kami akan melakukan berbagai macam pendekatan dengan pemerintah dan Stakeholder yang terkait. Hal ini, tentunya akan mengurucut kepada sinergi yang harmonis dengan pemerintah yang ada untuk menuju berkembangnya kota Cilacap," tuturnya. //dodo, heru.