Jumat, 21 April 2017 - 20:37:49 WIB
Tari Kendang Rampak Meriahkan Pembukaaan Popdaseni Cilacap
Diposting oleh : Widodo
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 667 kali

Cilacap -Tari Kendang Rampak yang dtampilkan oleh para guru dari UPT Kecamatan Patimuan memeriahkan Pembukaan Pekan Olahraga Pelajar Daerah dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional tingkat Kabupaten Cilacap Tahun 2017 yang di laksanakan, Jumat (21 April 2017) di Lapangan Pertamina, Jalan MT Haryono, Cilacap.

Tarian tersebut dibawakan oleh 50 penari yang diiringi 20 penabuh kendang rampak dan 15 penari pria yang membawa umbul-umbul sangat menghibur peserta Popdaseni dari 24 kecamatan dan tamu undangan.

Menurut pelatih tari kendang rampak, Guru SD Negeri Patimuan 01, Ratnaningsih. SPdSD, tarian kendang rampak ini, perpaduan kesenian dan musik dari Jawa Barat dengan Jawa Tengah. Perpaduan dari tari jaipong dan tari gambyong.

"Arti kendang rampak yakni memainkan atau menabuh kendang secara bersama-sama untuk mengiringi penarinya," ujarnya.

Ratna dan para guru merasa senang dan bangga karena ditunjuk mewakili Kecamatan Patimuan, dalam nguri-nguri budaya untuk menyemarakan pembukaan Pekan Olahraga Daerah, Olimpiade Olahraga Sains Nasional dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional tingkat Kabupaten Cilacap.

"Kita akan senantiasa melestarikan budaya agar tetap terjaga sebagai warisan dari leluhur yang menjadi kebanggaan kita bersama," tuturnya.

Hal serupa juga diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Cilacap, Warsono, kami senantiasa nguri-nguri budaya dengan menampilkan kesenian yang ada di Cilacap disetiap pembukaan Pekan Olahraga Daerah, Olimpiade Olahraga Sains Nasional dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional tingkat Kabupaten.

"Tujuannya untuk menumbuhkan budi pekerti pada anak-anak. Jika mereka senang tumbuh di budayanya sendiri maka insyaallah mereka memiliki kepribadian yang baik," tuturnya