Kamis, 20 April 2017 - 21:17:23 WIB
Peringati Hari Kartini, Warga Desa Adipala Ikuti Lomba Berbusana Kebaya
Diposting oleh : Widodo
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 592 kali

Cilacap - Setiap Peringatan Hari Kartini di berbagai daerah pastinya dimeriahkan. Salah satunya di Desa Adipala, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, warga disana memeriahkan Hari Kartini dengan mengikuti lomba berbusana yang digelar di Balai Desa Adipala, Kamis (20 April 2017).

Menurut Kades Adipala, Ir Subandono, kegiatan peringatan Hari Kartini ini, disamping memperingati perjuangan RA Kartini juga untuk mendukung dan memberikan semangat bagi kaum perempuan.

"Kaum wanita itu, dari jaman sebelum kemerdekaan sudah diperjuangkan emansipasinya sehingga sekarang kita yang menikmati paling tidak  tetap semangat untuk berpartisipasi dalam pembangunan," tuturnya.

Dengan kegiatan ini, lanjut Subandono, kita tingkatkan emansipasi perempuan terutama bagi ibu-ibu PKK, perangkat desa dan ibu-ibu Posyandu. Subandono juga menerangkan, peringatan tahun ini, kami mengadakan lomba busana yang terbagi dalam dua kategori yakni lomba busana kebaya perorangan untuk ibu-ibu dan lomba busana berpasangan dalam menyemangati bapak-bapak untuk berpasangan dengan para istrinya.

"Lomba ada dua kategori. Lomba busana perorangan dan berpasangan. Tapi peserta yang paling banyak lomba busana kebaya perorangan," jelasnya.

Disebutkan Subandono, semoga makna Kartini ditahun ini dan juga tahun‐tahun mendatang bukan sekedar memperingati dengan kegiatan‐kegiatan. “Namun akan muncul Kartini‐Kartini baru yang melegenda seperti Ibu Kartini,” ujarnya.

Subandono menilai, sebuah bangsa akan maju tergantung pada kualitas perempuan. Menurutnya, dibalik suksesnya sebuah keluarga biasanya ada seorang perempuan yang kuat,dan tabah memikul beban sebagai seorang istri, seorang ibu, seorang karyawati, dan seorang anggota masyarakat yang baik dan berkepribadian.

"Hal itu terwujud dengan saling menghormati, saling mendukung,dan saling menjaga kebebasan secara manusiawi," tuturnya.

Subandono berharap semangat emansipasi wanita terus digelorakan karena semangat itu sangat dibutuhkan untuk sekarang ini, baik dalam hal berbusana nasional maupun tradisional.

"Para ibu-ibu, dalam keseharian dirumak tidak hanya mengenakan daster saja. Sekali tempo, berbusana yang luwes sehingga enak dipandang dan menimbulkan semangat hari Kartini ini," tuturnya.