Jumat, 10 Maret 2017 - 14:44:26 WIB
Belajar Mengenali Satwa di Sanggaluri Park Purbalingga
Diposting oleh : Ipung
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 108 kali

Keceriaan mewarnai kegiatan belajar TK Tunas Rimba III Purwokerto saat berkunjung di obyek wisata Taman Reptil Sanggaluri Purbalingga, Jumat (10 Maret 2017). Dengan cerianya anak-anak TK Tunas Rimba III inipun jalan berbaris mengitari satu demi satu wahana yang tersedia.

Taman Satwa Reptile menjadi salah satu tempat yang pertama kali dikunjungi. "Ih takut, buayanya gede banget", ucap salah satu siswi saat tiba di sangkar buaya, sementara beberapa siswa lainnya tampak kegirangan sambil berloncat-loncatan.

Di tempat wisata terpadu yang mengusung konsep edukasi sekaligus rekreasi alam ini terdapat berbagai koleksi reptil baik dari dalam maupun luar negeri. Berbagai jenis ular dipamerkan di taman ini, mulai dari ular yang berbisa tinggi hingga ular yang tak berbisa tetapi mempunyai lilitan yang sangat mematikan seperti sanca dari berbagai spesies dipelihara di Sanggaluri Park ini.

Sedangkan koleksi reptil yang lain adalah berbagai jenis kadal, koleksi beberapa biawak, kadal raksasa serta berbagai koleksi tokek dan cicak dari berbagai manca Negara sangat  unik dan menarik. Warna-warni kupu-kupu dipajang unik di beberapa lemari kaca. Ada juga yang dipasang menghiasi peta Indonesia menunjukkan daerah asal kupu-kupu ditemukan. Sementara kelompok kumbang ditata dalam beragam bentuk yang menarik.

Setelah menelusuri taman reptile, rombongan siswa-siswi TK ini pun masuk ke Museum Narkoba dan Rumah Kaca dan selanjutnya ke Rumah Prestasi, dan dilanjutkan mengunjungi ke Museum Uang.

Seperti halnya di wahana lainnya, di Museum Uang ini masing-masing guru pun memberikan penjelasan kesemua anak, mereka diperkenalkan dengan semua koleksi uang yang ada. Masih dilokasi museum, seorang guru tampak tengah menerangkan fungsi dan kegunaan perangko kepada siswa-siswinya. Koleksi perangko juga menjadi bagian yang dipamerkan di museum tersebut.

Museum Wayang menjadi tempat yang dikunjungi selanjutnya dan kegiatan belajarpun diakhiri dengan makan bersama di salah satu aula, tetapi sebelumnya para siswa-siswi TK Tunas Rimba III ini diwajibkan mencuci tangan terlebih dahulu.//ipung