Selasa, 07 Maret 2017 - 12:10:37 WIB
Berwisata Sambil Belajar
Diposting oleh : Ipung
Kategori: Jendela Wisata - Dibaca: 108 kali

Mengamati setiap benda yang terpampang di tiap sudut ruang Museum Jenderal Soedirman, kenangan kita akan mengarah pada cerita ataupun film-film kemerdekaan. Kisah perjuangan para pahlawan yang gagah berani melawan penjajah hingga tetes darah terakhir.

Berdirinya sebuah museum tidak hanya untuk mengabadikan peristiwa sejarah atau jasa tokoh pahlawan saja. Museum juga menjadi tempat untuk belajar dan juga sebagai sarana untuk menumbuhkan jiwa nasionalis generasi penerus.

Museum Jenderal Soedirman terletak di jalan Dr. Soeparno nomor 24, dekat perbatasan pintu masuk kota Purwokerto di bagian barat. Museum ini buka setiap hari pukul 08.00 sampai 15.30. dengan hanya membayar tiga ribu rupiah, pengunjung bisa melihat sejarah perjalanan Jenderal Soedirman saat perang gerilya melawan penjajahan Belanda.

Bangunan museum jenderal Soedirman sendiri terbagi menjadi dua tingkat. Pada lantai pertama, pengunjung bisa menyaksikan foto-foto yang menggambarkan rute perang gerilya Soedirman. Lalu, ada juga duplikat tandu Soedirman yang digunakan pada masa berjuang, biografi, serta foto-foto perjuangan beliau pada saat merebut kembali Yogyakarta. Sementara di lantai dua pengunjung bisa melihat ruang terbuka dimana terletak patung Jenderal yang sedang menunggang kuda. Di bagian bawah patung ini juga tergambar relief-relif perjuangan Soedirman.

Dengan lokasinya yang asri, menjadikan museum ini nyaman untuk dikunjungi baik bersama teman ataupun keluarga. Sambil berwisata kita pun bisa belajar tentang sejarah perjuangan kemerdekaan Bangsa Indonesia.// dimas-fredi