Rabu, 15 Februari 2017 - 22:47:24 WIB
Hasil Perhitungan Sementara Pilkada 2017 Cilacap, Tatto - Syamsul Unggul
Diposting oleh : Widodo
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 430 kali

Cilacap - Hasil perhitungan sementara, Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Nomor Urut 2, Tatto Suwarto Pamuji - Syamsul Aulia Rachman yang diusung koalisi Golkar, PAN, PKB dan Demokrat unggul di Pilkada 2017 Cilacap, Rabu (15 Febuari 2017).

Hasil perhitungan itu, berdasarkan hitung cepat yang dilakukan oleh Script Survey Indonesia (SSI). Pasangan calon nomor urut dua ini berhasil meraih 56,85 persen suara, sedangkan pesaingnya pasangan nomor urut 1, Taufik Nur Hidayat - Faiqoh Subky hanya meraup 28,82 persen suara, dan Fran Lukman - Bambang Sutanto (nomor urut 3) memperoleh15,95 persen.

Direktur SSI Yuhardin menjelaskan, hitung cepat ini mengambil sampel sebanyak 220 dari 3.217 TPS di Cilacap. Menurut dia, dari 24 Kecamatan hanya satu yang tak terdapat TPS sampel hitung cepat, yakni Kecamatan Kampung Laut yang berada di daratan Nusakambangan dan tanah timbul Segara Anakan.

Dikatakan Yuhardin, data sampel sudah masuk diklaim mencapai 98 persen. Sedangkan tingkat kepercayaan quick count kami 98 persen. "Metode yang kami gunakan acak bertingkat dan Tatto menyapu bersih perolehan suara di seluruh kecamatan," ujarnya, Rabu (15 Febuari 2017).

Tatto, mengaku bersyukur atas hasil hitung cepat yang dilakukan SSI, dan menghimbau para pedukungnya agar tak perlu terlalu euphoria. “Saya mengucapkan terima kasih untuk dukungan warga Cilacap,” katanya.

Dalam press realesenya, Tatto Suwarto Pamuji menyampaikan, hari ini kita telah menyelenggarakan pesta demokrasi dengan begitu baik. Pemilihan kepala daerah secara serentak yang dilaksanakan di 101 daerah dan salah satu ialah Kabupaten Cilacap.

Tatto juga mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat kabupaten Cilacap yang telah menggunakan hak pilihnya pada hari ini. Dengan demikian, jelas Tatto, saudaraku telah turut mengambil tanggung jawab sebagai warga Negara yang baik dan turut andil dalam menemukan arah pembangunan secara demokratis melalui pemilihan kepala daerah yang di fasilitasi oleh KPU.

"Pada kesempatan ini, saya juga ingin menyampaikan apresiasi kepada penyelenggara pemilihan kepala daerah, KPUD Cilacap dan Panwaslu yang telah bekerja dengan sedaya mampu dan sejauh ini belum terdapat keluhan- keluhan yang berpotensi signifikan mengganggu proses demokrasi yang kita selenggarakan," katanya.

Meski demikian, lanjut Tatto, tentunya, KPU dan Panwaslu mesti tetap memaksimalkan kinerjanya dalam menyelenggarakan pesta demokrasi, mengatasi secara utuh setiap proses dengan baik, jujur, adil dan taat azas. "Demikian juga dengan aparat keamanan yang telah bekerja maksimal, memastikan proses demokrasi berjalan dengan kondusif," tegasnya.

Tatto menjelaskan, kita tinggal menunggu perhitungan riil dari KPU dan sembari menunggu saya menyerukan semua pihak agar menjaga situasi tetap kondusif. Mari kita rawat demokrasi ini, dengan kedewasaan dan akal sehat. "Sebagaimana masyarkat kita telah menunjukan kedewasaan dalam perbedaan pilihan," ujarnya.

Disamping itu, Tatto juga mengajak teman - teman media turut berpartisipasi mengawasi proses perhitungan secara menyeluruh, agar proses demokrasi ini benar-benar menjadi urusan kita semua, dan kita pastikan taat azas sesuai dengan aturan aturan yang telah ditetapkan.

"Saya juga memohon maaf jika dalam dinamika politik terutama dalam hal pemilihan kepala daerah ini, terjadi mungkin mengakibatkan persinggungan-persinggungan yang kurang menyenangkan, Setelah ini, mari kita rajut kembali kesatuan kita, kita kembali menjadi masyarakat yang guyub rukun, saling asah, asih dan asuh," kata Tatto.

Tatto juga mengajak semua masyarakat Cilacap untuk merasakan demokrasi ini dengan kebahagiaan, kegembiraan dan penerimaan yang sungguh sungguh. "Perbedaan yang ada sebagai keniscayaan kita sebagai makluk ciptaan Allah SWT yang sejatinya memang diciptakan dengan penuh keragaman agar saling memahami," tuturnya. // dodo, heru.