Sabtu, 11 Februari 2017 - 12:31:04 WIB
PMI Gelar Latihan Asisten Pembina PMR Wira
Diposting oleh : Ipung
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 187 kali

Purbalingga - Palang Merah Indonesia (PMI) Purbalingga menggelar pelatihan bagi asisten pembina PMR Wira tingkat SMA/SMK/MA, Jumat (10 Februari 2017) lalu. Pelatihan yang diikuti 150 orang ini berlangsung hingga Minggu mendatang. Peserta terdiri dari ketua PMR dan dua orang Pengurus PMR dari Unit PMR Wira SMA/SMK/MA se-Purbalingga.

Pelaksanaan kegiatan dibagi tiga kelompok masing-masing di aula Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata (Dinporapar), Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) dan di aula Purbalingga Kidul.

Ketua Panitia Pelaksana Rukmawan Suci Laswono mengatakan tujuan digelarnya pelatihan adalah  meningkatkan pemahaman materi Kepalangmerahan sesuai dengan standarisasi pelatihan yang diterbitkan oleh Pengurus Pusat PMI, kemudian menerapkan kembali hasil pelatihan dalam membentuk pola pelatihan PMR di unit PMR masing-masing berdasarkan Tri Bakti PMR, serta mempersiapkan unit PMR Wira dalam Jumbara PMR ke X PMI tingkat Kabupaten Purbalingga.

Sementara Ketua PMI Purbalingga Drs Suyitno saat membuka acara mengatakan, PMR merupakan kader relawan PMI yang kelak akan meneruskan seluruh kegiatan PMI di masa depan, sehingga sangat perlu mengetahui dan dilibatkan dalam setiap aktifitas PMI. PMR Wira merupakan tingkatan persiapan bagi generasi muda untuk memasuki dunia kerelawanan kemanusiaan di PMI serta masyarakat.

Menurutnya, kematangan pembinaan di tingkatan PMR Wira baik dari segi ketrampilan, kepemimpinan dan pembentukan jiwa kemanusiaan menjadi sebuah keharusan agar relawan PMI benar-benar menjadi generasi muda unggulan yang berkarakter.

Suyitno juga mengatakan, dalam manajemen pembinaan PMR ada dua unsur yang terlibat yaitu pembina PMR yang memenej administrasi dan proses siklus pembinaan, serta fasilitator yang menangani teknis ke-PMR-an dan proses pelatihan ketrampilan. Sinergitas dua unsur tersebut sangat menunjang keberhasilan proses pembinaan di masing-masing unit PMR.