Jumat, 10 Februari 2017 - 10:27:18 WIB
RSUD Cilacap Raih Akreditasi Bintang Lima
Diposting oleh : Widodo
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 370 kali

Cilacap - Segenap pegawai Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cilacap patut berbangga hati, pasalnya rumah sakit milik Pemda Cilacap sebagai salah satu Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) ini berhasil meraih Sertifikat Akreditasi versi 2012 tingkat Paripurna (bintang lima) yang penilaiannya dilakukan oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS), Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI).

Dengan diraihnya Sertifikat Akreditasi versi 2012 tingkat Paripurna (bintang lima), Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cilacap saat ini lebih fokus pada peningkatan kenyamanan dan keselamatan pasien.

Ha tersebut diutarakan Direktur Utama RSUD Cilacap, dr. Pramesthi Griyana Dewi, usai tasyakuran penerimaan sertifikat akreditasi bintang lima tersebut di halaman RSUD, Kamis (9 Februari 2017).

Menurut, dr Pramesthi, pencapaian sertifikasi ini merupakan hasil kerja seluruh pegawai di RSUD, baik yang masuk dalam kelompok kerja (pokja) maupun pegawai lainnya. Sehingga, pihaknya menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada seluruh pegawai di RSUD.

"Pencapaian sertifikasi paripurna sebagai predikat tertinggi dari KARS Kemenkes RI ini, menjadi penyemangat guna meningkatkan dan memberikan pelayanan bagi pasien," ujarnya.

Menurut Pramesthi, sertifikat akreditasi rumah sakit nasional yang diserahkan kepada kami, karena berada ditingkat kelulusan tertinggi pada akreditasi rumah sakit yang ada di Kabupaten Cilacap. "Akreditasi rumah sakit ini pertama kalinya di kabupaten Cilacap," ucapnya.

Dijelaskan dr Pramesthi, predikat paripurna yang diraih, karena dari 15 kelompok kerja (pokja) yang dinilai semuanya membukukan poin 80 atau lebih. Diantaranya yakni Pokja manajemen obat menjadi yang tertinggi mencapai 87, pokja menajemen fasilitas kesehatan mendapatkan 85.

"Selebihnya seperti asesmen pasien, pendidikan pasien dan keluarga, pencegahan penyakit dan infeksi, peningkatan mutu dan layanan pasien, semuanya mendapatkan nilai diatas 80," ucapnya.

Hal serupa juga diungkapkan Plt. Bupati Cilacap, Akhmad Edi Susanto, ia sangat mengapresiasi keberhasilan yang telah diraih oleh RSUD Cilacap. "Dengan perdikat ini, kedepan dalam pelayanannya, RSUD Cilacap benar-benar semakin baik," ucapnya.

Edi berharap usai meraih akreditasi bintang lima, RSUD kedepan harus memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. "Baik itu pelayanan dari segi medis, administrasi,ataupun yang lainya, serta tidak ada cerita rumah sakit menolak pasien," tegasnya.

Kegiatan tasyakuran penerimaan Sertifikasi Akreditasi versi 2012 tingkat Paripurna (bintang lima) tersebut  dihadiri Sekda Cilacap, Sutarjo, pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) para asisten, sejumlah kepala SKPD, dan undangan lain. // dodo,heru.