Rabu, 08 Februari 2017 - 10:19:50 WIB
Purbalingga Bakal Dirikan BUMD Baru
Diposting oleh : Ipung
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 226 kali

Purbalingga – Pemerintah Kabupaten Purbalingga bakal menambah dua badan usaha milik daerah (BUMD) baru, melengkapi 8 BUMD yang sudah ada sebelumnya. Dua BUMD itu, adalah Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Wisatatama dan Perseroan Daerah (Perseroda) Beton Ready Mix dan Aspal Mixing Plan.

Rencana penambahan dua BUMD tersebut dikatakan oleh Bupati Purbalingga H. Tasdi, SH, MM saat menerima kunjungan study banding Pemkab Boven Digoen, Papua di Operation Room Graha Adiguna komplek Pendapa Dipokusumo, Selasa (7 Februari 2017) lalu.

Menurut bupati, pembangunan beton ready mix dan aspal hotmix untuk menanggulangi kendala yang sering dihadapi Pemkab Purbalingga saat akan menjalankan pembangunan pengecoran jalan. Sedangkan Perumda Wisatatama akan mengelola seluruh obyek wisata milik Pemkab Purbalingga dalam satu manajemen. Utamanya wahana wisata yang bersifat profit seperti Obyek Wisata Air Bojongsari (Owabong), Sanggaluri Park, Goa Lawa, City Park dan lainnya.

Terkait maksud kunjungan Wabup Boven Diegoel, Bupati menyampaikan di Kabupaten Purbalingga saat ini terdapat 8 BUMD di luar PT Bank BPD Jawa Tengah. BUMD itu, terdiri dari 5 BUMD bergerak di bidang keuangan, pariwisata, pertanian dan air minum.

Kunjungan kerja Pemkab Boven Digoel dipimpin langsung oleh Wakil Bupati H. Chaerul Anwar ST. Menurut Wabup kabupaten baru hasil pemekaran dari kabupaten Merauke di Provinsi Papua ini, untuk belajar bagaimana kabupaten Purbalingga mengelola sumber daya alam melalui BUMD-nya.

Usai diterima Bupati Tasdi di Operation Room, rombongan Wabup Boven Digoel juga melakukan kunjungan lapangan ke PDAM, Puspahastama dan Owabong.