Kamis, 15 Desember 2016 - 15:10:00 WIB
Jamasan Jimat Kalisalak
Diposting oleh : Ipung
Kategori: Budaya - Dibaca: 297 kali

Banyumas - Dibawah guyuran hujan, tak menyurutkan ratusan pengunjung yang menyaksikan jalannya ritual Jamasan Jimat Kalisalak, Selasa (13 Desember 2016) lalu.

Ritual jamasan jimat peninggalan Susuhunan Amangkurat I ini, selain sebagai sarana untuk ngalap berkah oleh para pengunjung , juga dipercaya sebagai simbol dari pertanda alam untuk setahun kedepan.

Berbagai perubahan pun sering terjadi pada tiap-tiap benda peninggalan. Fenomena inilah yang ditunggu-tunggu oleh para pengunjung. Salah satunya adalah Sugito (39) asal Banyumas.

Meskipun tidak mengetahui dengan pasti arti atau pertanda yang terjadi pada tiap-tiap pusaka, namun menurut Sugito fenomena itu merupakan sebuah kejadian yang sangat luar biasa dan dirinya menyakini bahwa pertanda-pertanda itu merupakan isyarat dari Tuhan YME untuk Masyarakat Banyumas.

"Ya tergantung cara menerjemahkannya mas, yang pasti itu pertanda untuk menjalani hidup untuk satu tahun kedepan." Ucapnya.

Untuk jamasan kali ini tidak terjadi banyak perubahan pada jimat yang ada, hanya bekong yang tampak basah dan beras merah yang bertambah.//ipung