Selasa, 25 Agustus 2015 - 17:30:33 WIB
Gelorakan Semangat Juang Para Pahlawan
Diposting oleh : Widodo
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 890 kali

Cilacap, Tabloid Pamor.com - Dengan semangat HUT ke 70 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, SMA Negeri 1 Cilacap senantiasa menggelorakan dan menumbuhkan semangat juang para pahlawan di sanubari peserta didiknya.

Menurut Drs Sarto, MM, Kepala SMA Negeri 1 Cilacap, bangsa yang besar ialah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya. Para pahlawan kita telah rela berkorban jiwa dan raga demi kepentingan bangsa dan negara tanpa pamrih.

"Oleh karena itu, para siswa sebagai generasi penerus bangsa harus berjuang mengharumkan nama bangsa bukan dengan cara berperang, namun berjuang dengan memberikan yang prestasi yang terbaik bagi Indonesia, baik di tingkat daerah, nasional maupun internasional," ucapnya.

Dalam kegiatan proses belajar mengajar di sekolah, Sarto selalu menekankan jiwa patriotisme dan nasionalisme kepada para siswanya agar bersama sama menjunjung tinggi dan harumkan nama Indonesia dengan prestasi yang  dimiliki. Jangan sampai anak didiknya menjadi sampah masyarakat dengan melakukan kegiatan yang negatif.

"Ditahun 2015 ini, kita telah merdeka dan terbebas dari jajahan bangsa asing yang ingin merebut kekayaan bumi pertiwi ini. Mengingat kerasnya perjuangan para pahlawan dengan mengorbankan jiwa dan raganya untuk merebut kemerdekaan RI, sudah sepantasnya pelajar sebagai generasi penerus bangsa meneruskan cita cita para leluhur untuk menciptakan negara Indonesia yang aman, tentram, adik dan makmur," tutur Sarto.

Bagi Sarto, selain mengenang pengorbanan para pahlawan, yang paling penting yaitu bagaimana siswanya dapat menimba teladan hidup dari mereka. Ibarat mercu suara di tepi laut, yang menjadi pedoman bagi semua nelayan, para pahlawan itu adalah penunjuk arah yang jelas bagi kehidupan anak didiknya, sekarang dan masa depan yang penuh tantangan dan harapan.

Dengan semangat HUT kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini, SMA Negeri 1 Cilacap bertekad meningkatkan prestasi baik di bidang akademik maupun non akademik dan terus menumbuhkan rasa cinta tanah air dan bangsa.