Senin, 24 Agustus 2015 - 09:09:44 WIB
Cilacap Terima Penghargaan dari Gubenur Jawa Tengah
Diposting oleh : Widodo
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 1041 kali

Cilacap, Tabloid Pamor.com - Dinas Bina marga, SDA dan ESDM Kabupaten Cilacap menerima penghargaan secara langsung dari H Ganjar Pranowo, Gubenur Jawa Tengah, Sabtu (15/8) di Lapangan Simpang Lima, Semarang.

Penghargaan tersebut diserahkan kepada Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) wilayah Kroya Dinas Bina Marga, SDA dan ESDM, Agus Susanto, ST MT yang berhasil meraih sebagai Juara Pertama dalam lomba Petugas Operasi dan Pemeliharaan (OP) Jaringan Irigasi dan Rawa Teladan Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2015.

Dengan ditetapkannya Ka UPT wilayah Kroya sebagai Juara 1 tingkat Provinsi yang digelar di Semarang pada 10 Juni lalu. Dinas Bina Marga SDA dan ESDM Kabupaten Cilacap berhak mewakili Jawa Tengah dan berpeluang untuk meraih juara pertama tingkat Nasional yang akan diselenggarakan selama 4 hari, pada 24-28 Agustus 2015 di Yogyakarta.

Kepala Dinas Bina Marga, SDA dan ESDM Cilacap Ir. Alexander Ristiyanto, MT melalui Kabid PSDA Saeful Hidayat, S.IP, ST, MM menuturkan, bertepatan dengan Hari Jadi Provinsi yang ke 65, Agus Susanto menerima penghargaan secara langsung dari Gubenur. Penghargaan yang diterima berupa piala, piagam dan uang pembinaan.

Dalam kesempatan acara tersebut, tutur Saiful, Gubenur berharap penghargaan ini bisa memberikan motivasi kepada sumber daya manusia (SDM) di JawaTengah, khususnya di bidang irigasi agar bisa mengatur air sesuai dengan kebutuhan bagi pengguna air secara adil dan merata.

Menurutnya, saat ini pemerintah sedang mencanangkan kedaulatan pangan, kita harus mendukung program tersebut.

"Harus bisa mengatur air ketika musim kemarau, sehingga kebutuhan air bisa tercukupi. Dalam hal pengelolaannya kita harus paham bagaimana caranya mengatur dan mengelola air yang tinggal sedikit ketika musim kemarau," katanya.

Disamping itu, lanjut Saeful, kita juga harus meningkatkan pengelolaan irigasi yang bersifat modernisasi sesuai pesan yang disampaikan Gubenur kepada Kepala Dinas Sumber Air Jawa Tengah.

"Penghargaan ini, diharapkan bisa menjadi pemacu dan motivasi bagi petugas OP jaringan irigasi di seluruh wilayah Cilacap untuk meningkatkan kinerjanya dalam memelihara dan mengoperasikan jaringan irigasi permukaan dan rawa," tuturnya.

Selain itu, sambung Saeful, mereka bisa melaksanakan tugas secara profesional sebagai pelayan masyarakat dalam pengelolaannya karena air irigasi sangat dibutuhkan oleh masyarakat baik untuk pertanian maupun kebutuhan hidup.  

Saeful juga menegaskan, yang terpenting ialah implementasi di lapangan, sehingga apa yang menjadi program dari pemerintah baik pusat, provinsi maupun daerah bisa terwujud dan hasilnya bisa bermanfaat bagi masyarakat Cilacap. Hal ini tentunya selaras dengan program Pemkab Cilacap yakni Bangga Mbangun Desa.