Senin, 19 Januari 2015 - 14:09:52 WIB
Keretaku Tak Berhenti Lama
Diposting oleh : Suparjo
Kategori: Jendela Wisata - Dibaca: 1151 kali

 

“They’re two they’re four they’re six they’re eight

Shunting trucks and hauling freight

red and green and brown and blue

they’re the really useful crew

All with different roles to play


Round Tidmouth sheds or far away,


Down the hills and round the bends


Thomas and his friends”

Bagi yang punya anak kecil atau gemar nonton film animasi, tahukah anda kutipan lirik lagu diatas? Atau mungkin sudah hafal. Ya soundtrack “Thomas and friends” film animasi yang sering kita saksikan di salahsatu stasiun televisi swasta, memang banyak digemari anak-anak. Soundtrack Thomas and friends membuat si kecil berjingkrakan semangat mengikuti alunannya. Film animasi kereta si biru Thomas begitu populer di era anak-anak saat ini, sehingga tak jarang kita dapati gambar si biru tomas melekat diberbagai asesoris.

Kereta api dari dulu sudah menjadi idola anak-anak. Di masa kecil kitapun sudah ada lagu “Naik Kereta Api”, lagu yang sudah puluhan tahun itu mengingatkan masa kecil dulu dimana melihat ataupun menumpang kereta api menjadi sesuatu yang sangat menyenangkan. Tentu tidak jauh berbeda dengan balita kita, yang juga harus diperkenalkan dengan moda transportasi kereta api.

Mungkin karena rangkaiannya yang panjang menjadi sesuatu yang unik bagi mereka. Kereta api memiliki rangkaian kereta atau gerbong berukuran relatif luas sehingga mampu memuat penumpang maupun barang dalam skala besar. Karena sifatnya sebagai angkutan massal efektif dan bebas macet menempatkan kereta sebagai primadona angkutan massal baik di Jabodetabek ataupun di luar kota Jakarta.

Balita kita pasti senang dan nyaman bila diajak bepergian dengan kereta api, dan sobat tidak perlu khawatir karena kondisi perkeretaapian kita sudah sangat berbeda dengan yang dulu. Sebelumnya orang pasti enggan naik kereta api kalau tidak terpaksa, karena kondisi stasiun dan gerbong-gerbong keretanya yang terkesan kurang nyaman. Belum lagi  pedagang asongan dan pengamen yang seenaknya berkeliaran sehingga mengganggu kenyamanan penumpang.

Kini perkeretaapian kita sudah jauh berbeda, gerbong-gerbong kereta apinya sudah jauh lebih bersih dan tidak dijumpai lagi penumpang tanpa tempat duduk. Dan yang paling penting adalah gerbong kereta api sudah bebas rokok tentunya ini sangat aman buat kesehatan balita kita. Di stasiun pun demikian, terlihat lebih bersih, nyaman, dan aman. Jadi jangan ragu lagi memperkenalkan balita kita pada moda trasportasi kereta api yang siap menghantarkan sampai kota tujuan.

Nonton animasinya saja sudah menyenangkan apalagi melihat aslinya, setidaknya itulah kesan yang kita tangkap dari keluguan anak-anak. Tapi yang terpenting adalah memperkenalkan lagu "naik kereta api" pasti si kecil lebih semangat lagi. Tut-tut-tut....., keretaku tak berhenti lama..//suparjo