Rabu, 29 Oktober 2014 - 10:53:15 WIB
Sumpah Pemuda Di Banyumas
Diposting oleh : Suparjo
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 3603 kali

Sumpah Pemuda merupakan momentum historis yang teramat penting dan menjadi bagian tak terpisahkan dari mata rantai perjuangan bangsa. Maka setiap memperingati hari sumpah pemuda jangan dijadikan hanya sebagai rutinitas, sehingga dapat kehilangan makna. Bagi pemuda Indonesia Sumpah Pemuda sebagai manifestasi dari kepeloporan dan kepedulian untuk mengangkat harkat dan martabat Bangsa Indonesia, sekalgus sebagai penyatuan tekad dan semangat seluruh komponen anak bangsa yang akhirnya mewujudkan Indonesia yang berdaulat. Demikian disampaikan Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein yang membacakan sambutan MENPORA RI pada peringatan hari Sumpah Pemuda tingkat Kabupaten Banyumas, Selasa (28/10/2014) lalu.

Peringatan Sumpah Pemuda kali ini mengangkat tema “Bangun Soliditas Pemuda Maju dan Berkelanjutan.”Tema tersebut mengandung pesan agar para pemuda dapat memainkan perannya secara optimal sebagai perekat persatuan bangsa dalam pembangunan Nasional. Lebih lanjut Bupati mengatakan bahwa pembangunan kepemudaan secara berkelanjutan harus terus dilaksanakan melalui proses penyadaran, pengembangan sebagaimana diamanatkan oleh UU No 40 Tahun 2009 tentang kepemudaan.

Pemuda yang maju adalah pemuda yang memiliki kemampuan inovasi dan kreativitas yang tinggi, yang mampu mengatasi berbagai persoalan yag dihadapinya dan memiliki kompetensi sehingga mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan global. Secara tulus bupati menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada generasi muda di Kabupaten Banyumas yang telah menunjukan kiprah dan kontribusi dalam pembangunan daerah, dan tidak sedikit pula yang berhasil menorehkan prestasi yang membanggakan dan berhasil membawa nama baik Banyumas baik di tingkat regional, nasional, maupun internasional.

Upacara yang dilaksanakan di halaman SMA Negeri 2 Purwokerto, juga dihadiri Dandim 0701 Banyumas, Kapolres Banyumas dan anggota forlompinda, Kepala SKPD, Kepala sekolah, dan tokoh pemuda di Banyumas. Sebagai petugas upacara adalah pengurus KNPI dan dari unsur pemuda, pramuka dan pakibra. Sedangkan dalam barisan upacara nampak pleton TNI, Polri, Siswa Polri, PNS, KORPRI, Mahasiswa, Pramuka, dan Pelajar. Organisasi pemuda terlihat Pemuda Pancasila, Karangtaruna, Banser, Fatayat NU, organisasi mahasiswa dan barisan pasukan Bhineka Tunggal Ika dengan kostm pakaian adat Indonesia.

Pada upacara tersebut dibacakan “Putusan Kongres Pemuda” oleh Ketua KNPI Kabupaten Banyumas dengan latar belakang Pemuda Indonesia dengan pakaian adat dari bebagai daerah di Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia. Usai upacara dilanjutkan persembahan Marching Band dari Bahana Putra Soedirman dan Kenthongan Cablaka dari pemuda-pemuda kabupaten Banyumas, seperti dikutip dari Humas Kab Banyumas melalui pesan elektronik yang ditujukan ke Tabloid Pamor.//sp