Selasa, 29 Mei 2012 - 19:12:17 WIB
LEGENDA TERBENTUKNYA TELAGA SARANGAN
Diposting oleh : Ipung
Kategori: Budaya - Dibaca: 3589 kali

"Disebuah dusun di lereng Gunung Lawu hiduplah seorang petani bersama istrinya yang bernama Kyai Jalilung dan Nyai Jalilung. Kesehariannya bercocok tanam di ladang. Seperti biasa setiap hari Nyai Jalilung mengantarkan makanan untuk suaminya.
Pada suatu hari saat Kyai Jalilung  sedang mencangkul di ladang, ia menanti-nanti istrinya yang tak kunjung datang padahal hari sudah beranjak siang. Karena merasa lapar Kyai Jalilung pun mencari makanan yang bisa dimakan, dan akhirnya menemukan sebutir telur di dekan pancuran air.
Oleh Kyai Jalilung telur itupun dibakar dan dimakan, baru menyantap setengahnya ia sudah merasa sangat kenyang. Tak lama kemudia datanglah Nyai Jalilung membawa makanan. Kepada istrinya Kyai Jalilung menceritakan telah memakan separo telur dan merasa sangat kenyang. Sang istri pun jadi penasaran dan ikut memakan yang sisanya. Saat keduanya sudah memakan telur itu kejadian aneh pun menimpanya, keduanya merasa panas lalu menceburkan diri di pancuran air. Seketika itu juga keduanya berubah wujud menjadi ular naga. Karena besarnya ular naga, pancuran air yang awalnya kecil berubah menjadi telaga yang sekarang dikenal dengan nama Telaga Sarangan." Demikian dikisahkan oleh Mbah Supar Sastrodiharjo sesepuh adat Telaga Sarangan.
Berada dilereng sebelah timur Gunung Lawu, tepatnya di Desa Sarangan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan. Panorama alam pegunungan Telaga Sarangan memang sangat tepat untuk dikunjungi, ditambah dengan suara deru angin yang berhembus kian memanjakan setiap mata yang melihat.
Keyakinan masyarakat akan legenda tersebut menjadikan telaga sarangan selain sebagai wisata alam juga sebagai tempat wisata religi yaitu diadakanya upacara ritual oleh masyarakat sekitar telaga yang sisebut dengan gebyar labuhan tumpeng  yang diselenggarakan setahun sekali tiap bulan syahban atau ruah pada hari jumat pon.
Gebyar labuhan tumpeng adalah sebuah acara persembahan berupa tumpeng nasi dan pala wija yang diarak keliling telaga dengan menggunakan perahu yang kemudian akan dilarung ditengah telaga.
Dikatakan Mbah Supar (82th) gebyar larungan tumpeng sarangan bertujuan untuk ungkapan rasa sukur kepada yang maha kuasa atas segala berkah yang diberikan dan juga ungkapan rasa terimakasih kepada Kyai Jalilung dan Nyai jalilung, karena beliau masyarakat sarangan kehidupannya bisa lebih mapan.
Di sini juga terdapat sebuah pulau yang berada ditengah telaga yang bernama pulau putri. Dinamakannya pulau putri karena ditempat tersebut konon tempat bertapanya seorang putri yang bernama Kusumaning Ayu Dewi Werdiningsih hingga murco (mukwa).
"Dewi Werdiningsih adalah saudara dari Nyai Jalilung, karena berubah jadi ular naga dan menghilang, untuk bisa menemukan saudaranya itu Dewi Werdiningsih pun bertapa hingga murco (menghilang)." Kata Mbah Supar.
Selain gebyar larungan tumpeng, di Telaga Sarangan juga ada upacara ritual larungan sesaji yang dijalani oleh para penduduk yang menyewakan perahu kepada para pengunjung. Larungan diadakan tiap bulan Suro (Muharam).
Dikatakan Junaidi (43th), tukang perahu. Larungan sesaji dilakukan dengan tujuan untuk memohon keselamatan para tukang perahu dan pengunjung yang menyewa agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.
"Saya sudah jadi tukang sewa perahu selama 25 tahun, karena kita semua menjalankan tardisi yang sudah dilakukan oleh orang-orang terdahulu selama saya disini belum pernah mengalami kejadian yang tidah diinginkan baik perahu maupun penumpangnya." Ucap Junaidi.
Seperti apapun bentuk dan tujuan sebuah tradisi sudah selayaknya untuk dilestarikan keberadaannya, begitu pula dengan larungan tumpeng dan sesaji yang dilakukan di Telaga Sarangan. Yang merupakan sebuah warisan budaya dari para leluhur bangsa.//ipung



392 Komentar :

obat asam lambung
28 April 2014 - 16:03:45 WIB

Terimakasih informasinya dan selamat sore
jelly gamat gold g
29 April 2014 - 13:33:09 WIB

Artikel bagus sehingga menggerakan hati saya untuk berkomentar.... Terimakasih....
obat batu ginjal herbal
29 April 2014 - 16:02:23 WIB

Terimakasih informasinya,,,,,,,
jelly gamat gold g
01 Mei 2014 - 08:38:41 WIB

salam terkenal :D,,,
obat bronkitis akut
01 Mei 2014 - 14:23:42 WIB

salam terkenal, dan selalu sukses
obat bronkitis akut
02 Mei 2014 - 13:23:10 WIB

info menarik, terimakasih
obat stroke
02 Mei 2014 - 14:27:29 WIB

terimakasih informasinya ya gan.... artikelnya sangat bagus....
obat asma
03 Mei 2014 - 08:22:47 WIB

selamat pagi numpang promo, sekalian nitip link obat asma http://goo.gl/13dmcU ,
obat bronkitis akut
03 Mei 2014 - 09:50:43 WIB

hari yang cerah, artikel yang bagus, titip link obat bronkitis akut http://goo.gl/Vk6Rcr .
obat asam urat
03 Mei 2014 - 11:43:57 WIB

informasi menarik... tolong jaga link ini, http://goo.gl/4xD7rd .
<< First | < Prev | 1 | 2 | 3 | ... | 40 | Next > | Last >>
Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)