Selasa, 10 Juli 2018 - 14:43:39 WIB
Plt Bupati Banyumas Buka TMMD Desa Sawangan Ajibarang
Diposting oleh : Ipung
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 25 kali

Banyumas - Plh Bupati Banyumas Ir Wahyu Budi Saptono M.Si memimpin upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Desa Sawangan Kecamatan Ajibarang, Selasa (10 Juli 2018). Kegiatan TMMD ini akan berlangsung sampai dengan 8 Agustus mendatang.

Plh Bupati Banyumas Ir Wahyu Budi Saptono M.Si saat membacakan sambutan Gubernur Jawa Tengah mengatakan TMMD telah banyak memberikan pelajaran berharga, betapa penting dan luar biasanya semangat gotong-royong membangun bangsa. Semua bahu membahu, memberikan sumbangan pikiran, ide dan gagasan, sumbangan tenaga dan keterampilan, sumbangan materi dan kebendaan, dan lain-lain.

Menurutnya, TMMD bukan semata membangun sarana fisik bagi masyarakat desa. tapi, dalam tmmd juga membangun semangat dan percaya diri masyarakat agar mampu mengelola potensi yang dimiliki serta kesiapsiagaan menghadapi setiap ancaman dan tantangan yang sedang dan akan dihadapi.

Dandim 0701 Banyumas Letkol Wahyu Ramadhanus Suryawan mengatakan kegiatan TMMD melibatkan 100 personil TNI, serta dibantu oleh anggota Kepolisian, Satpol PP, organisasi kemasyarakatan dan juga masyarakat. Dalam program TMMD kali ini akan membangun jalan dengan panjang 2 KM dan lebar 2,5 meter, benah rumah 6 unit dan juga benah tempat ibadah.

Khusus untuk pembangunan dan pengaspalan jalan sepanjang 2 KM, sudah dilaksanakan satu minggu lalu, dengan target akhir pelaksanaan TMMD bisa diselesaikan. Pembangunan ini sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. Dengan cara melaksanakan bakti TNI dalam program TMMD.

Sementara itu, Kepala Desa Sawangan Karsim Ahmad Muchlasin mengatakan sangat terbantu dengan adanya kegiatan TMMD di Desanya, terutama pembangunan jalan, yang sebelumnya hanya jalan setapak dengan lebar sekitar 1 M.

Diucapkan Karsim, sebelumnya jalan tersebut merupakan jalan tanah, masyarakat mengira akan dibiarkan begitu saja, sehingga lebarnya semakin kecil. Dengan adanya TMMD sekarang sudah lebar 4 meter terus yang diaspal 2,5 meter, masyarakat dengan sukarela merelakan tanahnya untuk pelabaran jalan hingga 3 meter.

Selain sejumlah pembangunan fisik dalam pelaksanaan TMMD ini, juga diadakan pasar murah, penyuluhan dan pembangunan karakter warga masyarakat, khususnya generasi milenial.//**