Jumat, 29 Juni 2018 - 02:38:08 WIB
Real Count, Pasangan Asih Saenyana Unggul dengan Persentase 52,36 Persen.
Diposting oleh : Heru
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 48 kali

Banjar - Hasil real count yang dilakukan KPU kota Banjar menunjukan pasangan calon walikota dan wakil walikota nomor urut 2 Maman Suryaman-Dr. Hj. Irma Darmawati Bastaman (iman barokah) memperoleh 47,64 persen suara atau dipilih 52.784 pemilih. Sementara itu pasangan calon nomor urut 1 Ade Uu Sukaesih-Nana Suryana (Asih Saenyana) meraih 52,36 persen suara atau 58.020 suara. Hasil tersebut sudah 100 persen dari seluruh TPS di kota Banjar, Kamis (28 Juni 2018) sore pukul 16.00 Wib.

Berdasarkan hasil data real count pasangan Iman Barokah mampu unggul di dua kecamatan, yakni kecamatan Banjar dan kecamatan Pataruman. Kecamatan Banjar Iman Barokah unggul dengan persentase 52,2 persen dan Asih Saenyana medapat perolehan 47,8 persen. Kemudian kecamatan Pataruman Iman Barokah menang dengan persentase 51,7 persen dan Asih Saenyana mendapat perolehan 48,3 persen.

Sementara itu pasangan Asih Saenyana unggul di dua kecamatan lainnya, yakni kecamatan Purwaharja dan kecamatan Langensari. Kecamatan Purwaharja Asih Saenyana Unggul dengan persantase 55 persen dan Iman Barokah memperoleh 45 persen. Kemudian kemenangan terbanyak Asih Saenyana terjadi di kecamatan Langensari dengan persantase kemenangan 60,7 persen dan Iman Barokah mendapat perolehan 39,3 persen.

Real count KPU kota Banjar dilakukan dengan cara memasukkan data dan mengunggah formulir C1 atau sertifikat hasil penghitungan suara di setiap TPS. Hasil penghitungan suara melalui Situng tersebut bukan hasil resmi dari KPU kota Banjar. Hasil resmi yakni yang dilakukan melalui rekapitulasi yang dilakukan secara manual dan berjenjang dari tingkat kecamatan hingga kota.

"Penayangan hasil scanning dan entry data ini bukan merupakan keputusan KPU Kota Banjar tentang hasil perolehan suara pasangan calon walikota dan wakil walikota Banjar pada pilkada serentak tahun 2018, melainkan hasil scanning dan entry data model C1," kata Ketua KPU kota Banjar, Dani Danial Muhklis melalui pesan WhatsApp.

Lebih lanjut, Rekapitulasi, penetapan dan pengumuman resmi hasil perolehan suara pasangan calon walikota dan wakil walikota Banjar pada pilkada serentak tahun 2018 akan dilaksanakan pada tanggal 4 - 6 Juli 2018 sebagaimana diatur dalam PKPU 1 Tahun 2017.

"KPU Kota Banjar belum dapat mengeluarkan keputusan  menyangkut hasil perolehan suara pasangan calon baik Pilgub Jawa Barat maupun pilwalkot Kota Banjar," terangnya.

Dani menghimbau kepada seluruh masyarakat Kota Banjar khususnya pasangan calon, tim kampanye ataupun gabungan partai politik pengusung dan pendukung serta stakeholders yang lain agar bersabar terlebih dahulu untuk menunggu hasil rekapitulasi, penetapan dan pengumuman yang akan dilaksanakan pada tgl 4 - 6 Juli tahun 2018.//Yuli.