Selasa, 26 Juni 2018 - 17:46:02 WIB
Polres Banjar Siap Amankan Jalannya Pilkada Serentak 2018
Diposting oleh : Heru
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 48 kali

Banjar - Satu hari jelang pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Banjar serta Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, jajaran personil Kepolisian Resor (Polres) Banjar siap melakukan pengamanan dalam pelaksanaan pemungutan suara di wilayah hukum Polresta Banjar.

"Adapun untuk pengamanan nya besok, ada 332 TPS dimana salah satunya ada TPS khusus di Lapas. Personil yang melaksanakan pengamanan sejumlah 160 orang khusus di TPS ini," ujar Kapolres Banjar, AKBP Matrius kepada awak media. Selasa (26 Juni 2018).

AKBP Matrius menjelaskan, ketentuan pengamanan bahwa anggota tidak masuk ke TPS, namun mengamankan jalannya pemungutan suara besok. Apabila terjadi gangguan keamanan di TPS dan atas permintaan KPPS dia bisa melakukan penindakan represif untuk mengamankan jalannya pemungutan suara.

"Bila ada gangguan di TPS, yang dilakukan pertama oleh petugas Polri bersama Linmas dibantu oleh TNI adalah mengamankan gangguan tersebut," tegasnya.

Matrius menuturkan, petugas yang bertugas di TPS dari hari Senin 25 Juni sudah bergeser ke TPS TPS dan memantau, survei serta berkoordinasi dengan KPPS tetang pembangunan TPS dimasing masing KPPS serta berkoordinasi dengan TNI dan Linmas di masing masing TPS menyamakan perspepsi dalam pola pikir dan pola tindak. Pola pengamanan yang dilaksanakan dengan 2 anggota Polri mengamankan 5 TPS dibantu oleh 10 Linmas.

"Akan terpilih pimpinan baru yang tentunya akan sesuai dengan sila kelima Pancasila, Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakat Indonesia khususnya masyarakat kota Banjar dan tentunya dengan kemakmuran itu bisa juga meningkatkan keamanan dan keadilan masyarakat kota Banjar," pungkasnya//Yuli.