Senin, 25 Juni 2018 - 11:00:02 WIB
Apel Akbar Patroli Pengawasan Pilkada di Banyumas
Diposting oleh : Ipung
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 42 kali

Banyumas - Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Banyumas menggelar Apel Akbar Patroli Pengawasan Pilkada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyumas serentak tahun 2018, Sabtu (23 Juni 2018) lalu di Alun alun Banyumas.

Apel akbar dipimpin oleh Ketua Bawaslu RI Abhan, SH dengan komandan apel  Ketua Panwascam Lumbir Sindu Prayitno. Kegiatan dihadiri kurang lebih 3500 orang yang terdiri dari Panwascam, PPL, Pengawas TPS se-Kabupaten Banyumas dan undangan lainnya. Turut hadir pada kegiatan ini Ketua Bawaslu Propinsi, Ketua Bawaskab Yon Daryono,  Forkompinda Banyumas, Tim Pemantau Pilkada, Ketua Partai Politik dan lainnya.

Ketua Bawaslu RI Abhan, SH mengatakan apel akbar patroli Pilkada merupakan bagian dari program Bawaslu RI dan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia sebagai bentuk komitmen dari jajaran pengawas di seluruh Indonesia yang melaksanakan Pilkada.

Disampaikan pula bahwa menjelang masa tenang banyak potensi pelanggaran, maka jajaran pengawas harus siap melakukan pengawasan sampai hari H pemungutan suara. Sangat dibutuhkan integritas, netralistas dan independensi dalam melakukan pengawasan.

Apabila ada komplain dari peserta pemilu maupun pemilih maka Pengawas TPS dan PPL harus dapat memberikan solusi yang berpedoman pada regulasi yang berlaku. Agar seluruh jajaran pengawas melakukan segala upaya pencegahan semaksimal mungkin dan lakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak terjadi pelanggaran. Namun apabila tetap terjadi pelanggaran maka pengawas harus dapat menegakan aturan yang berlaku.

Abhan juga berpesan kepada Parpol dan peserta Pilkada untuk dapat tertib aturan dan mendukung semua tahapan pemilu sebaik-baiknya dan kepada stakeholder masyarakat dapat ikut mensukseskan Pilkada Serentak 2018. Puncak kegiatan berupa pembacaan ikrar yang dipimpin oleh Pembina Apel dan ditirukan oelh seluruh peserta apel/**