Senin, 25 Juni 2018 - 10:24:37 WIB
Di Banyumas Akan Ada Taman Sastra Ahmad Tohari
Diposting oleh : Ipung
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 52 kali

Banyumas - Bertujuan sebagai sarana edukasi dan belajar sastra di Banyumas, obyek wisata edukasi Argo Karang Panginyongan akan membangun Taman Sastra Ahmad Tohari. Taman yang disajikan secara digital ini akan menampung semua karya-karya sastra Ahmad Tohari dan seluruh karya sastrawan asal Banyumas lainnya.

Seperti disampaikan Hadi Supeno ketua panitia pembangunan Taman Sastra Ahmad Tohari dalam jumpa persnya yang bertajuk peletakan batu pertama Taman Sastra Ahmad Tohari dan peluncuran buku 70 Tahun "Sastra Itu Sederhana" di Pendapa Praba Wulan, Argo Karang Panginyongan, Minggu (24 Juni 2018) lalu.

Dalam jumpa persnya, Mantan wartawan yang juga pernah menjabat sebagai Wakil Bupati Banjarnegara ini menyampaikan bahwa untuk pelaksanaan peletakan batu pertama pembangunan Taman Sastra Ahmat Tohari akan dilaksanakan pada Sabtu (30 Juni 2018) mendatang. Pelaksanaan peletakan batu dilakukan seusai peluncuran buku 70 Tahun Ahmad Tohari. Pembangunan taman merupakan penghormatan pemilik Argowisata Karang Panginyongan yaitu Liem Koeswintoro.

"Jadi untuk agenda Sabtu mendatang itu ada dua acara yang pertama adalah penghormatan kepada begawan sastra Banyumas yang ditandai dengan peluncuran buku 70 Tahun "Sastra Itu Sedeehana" serta peresmian fasilitas Argo Karang Panginyongan, dimana nanti pada pelaksanaannya pengunjung akan diajak mengunjungi beberapa lokasi yang ada," ucap Subeno.

Sementara pada kesempatan yang sama, Ahmad Tohari mengatakan berdinya Taman Sastra Ahmad Tohari merupakan bagian dari impian Pak Liem dalam membangkitkan kembali karakter Panginyongan sebagai kontribusi bentuk pembangunan karakter bangsa.

"Jadi ini benar-benar murni idenya pak Liem, dan nantinya taman ini dirancang seperti perpustakaan yang dikemas secara digital dan hanya bisa diakses ditempat tersebut," kata Ahmad Tohari.

Pada kesempatan itu Ahmad Tohari juga menyampaikan bahwa meskipun taman sastra tersebut menggunakan nama Ahmad Tohari, namun bukan berarti taman tetsebut hanya menyimpan karyanya saja, tetapi karya-karya sastrawan banyumas lainnya juga akan di simpan dan dipamerkan di taman sastra tersebut baik yang ditulis dengan bahasa indonesia, asing maupun menggunakan bahasa daerah (banyumasan).

Ahmad tohari juga menegaskan bahwa nantinya taman sastra ini akan banyak manfaatnya bagi para pengunjung yang akan belajar maupun penelitian tentang karakter sastra panginyongan.

Seperti diketahui, Argo Karang Panginyongan merupakan obyek wisata edukasi karakter yang mulai dibangun pada 2015 dilahan seluas 4 hektar oleh Liem Koeswintoro seorang pengusaha asal Gombong, Kabupaten Kebumen. Obyek wisaga ini berada di Dukuh Menggala, Desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas.

Selama libur Lebaran 2018, Agro Karang Penginyongan juga menggelar sejumlah kegiatan bertajuk "Badan Bareng 2018". Di antaranya lomba kentongan pada 17 dan 21 Juni dan pembagian hadiah hiburan bagi pengunjung yang beruntung.

Adapun Lomba Kentongan dimenangkan oleh Grup Tangsi Laras sebagai juara I, Bambu Nada sebagai Juara II, Senja Laras sebagai Juara III serta Asmon Laskar Kencana dan R Jipat Laras Mandiri sebagai juara harapan I dan II.

Hadiah lomba kentongan berupa uang pembinaan dan piala Ahmad Tohari, piala Dinporabudpar dan piala Agro Karang Penginyongan yang diserahkan, usai jumpa pers di Pendapa Praba Wulan.//ipung