Kamis, 21 Juni 2018 - 12:17:17 WIB
Urai Kemacetan, Jalur Purbalingga - Pemalang Berlakukan Contra Flow
Diposting oleh : Ipung
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 47 kali

Purbalingga - Untuk mengurangi kepadatan lalu lintas saat arus balik lebaran, Satlantas Polres Purbalingga sempat memberlakukan sistem contra flow di jalur jalan raya Purbalingga – Pemalang. Sistem tersebut diterapkan mulai dari simpang empat Sirongge hingga wilayah Bobotsari, Rabu (20 Juni 2018) sore.

Berdasarkan pantauan, jalur tersebut cukup padat arus lalu lintas dari arah Purbalingga menuju Pemalang.

Kasat Lantas Polres Purbalingga AKP Sukarwan mengatakan bahwa contra flow diberlakukan untuk membelah atau mengurai arus kendaraan yang padat dari arah Selatan (Purbalingga) menuju Jakarta melalui Pemalang, khususnya pada saat arus balik lebaran.

Dalam pemberlakuan contra flow, Satlantas Polres Purbalingga siapkan personel gabungan dari staf polres dan personel dari polsek untuk ditempatkan pada simpul jalan.

Setelah berlangsung sekitar 15 – 20 menit, arus kendaraan dikembalikan menjadi dua arah seperti semula. Dengan demikian kepadatan arus dari arah selatan, bisa terurai tidak menyebabkan kemacetan.

"Jalur Purbalingga - Pemalang merupakan jalur alternatif menuju Jakarta, sehingga jumlah kendaraan yang melintas khususnya saat arus balik ini lebih banyak dari biasanya. Oleh sebab itu, kita lakukan pemantauan dan kita berlakukan contra flow apabila diperlukan," Jelas Sukarwan