Minggu, 10 Juni 2018 - 02:03:09 WIB
Kapolres Banjar Himbau Pemudik Untuk Beristirahat Cukup
Diposting oleh : Heru
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 55 kali

Banjar - Hari Raya Idul Fitri menjadi hal yang ditunggu tunggu oleh warga masyarakat yang mencari rejeki diluar kampung halaman untuk bisa berkumpul melepas rindu bersama keluarga besar. Di saat itulah menjadikan momen yang tepat untuk pulang ke kampung halaman atau mudik untuk bertemu dengan keluarga dan melepas rindu di kampung halaman.

Berbagai macam moda transportasi bisa digunakan para pemudik untuk pulang ke kampung halaman masing masing, seperti Pesawat, Kereta Api, Bis, maupun dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti Mobil maupun Motor.

Kapolres Banjar, AKBP Matrius menuturkan bagi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi dalam malaksanakan mudik dihimbau untuk melakukan pengecekan. Seperti kesiapan fisik, kesehatan pribadi serta kondisi kendaraan yang harus fit sebelum melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman.

"Selain itu, bawalah perbekalan yang cukup. Baik makanan, minuman serta obat obatan yang diperlukan saat melakukan perjalanan," jelas Matrius kepada awak media, Sabtu (9 Juni 2018).

Matrius menambahkan, kekuatan fisik dan psikologi manusia dalam mengemudikan kendaraan hanya mampu 10 jam mengemudi dalam sehari. Lebih dari itu pupil mata akan mengecil, konsentrasi mulai memudar dan mulai ada halusinasi karena mengantuk dan daya jenuh yang tinggi.

"Sebaiknya dalam mengemudi itu maksimal 4 jam perjalanan tanpa henti dan harus istirahat selama 30 menit, setelah itu bisa melanjutkan perjalanan kurang lebih 4 jam dan istirahat 30 menit, adapun perjalanan terakhir cuma bisa dilakukan 2 jam kemudian melakukan istirahat total," tegasnya.

Matrius menjelaskan, istirahat 30 menit dimaksudkan untuk menghilangkan rasa jenuh saat mengemudi baik dengan cara makan, minum ataupun melakukan gerakan senam kecil.//Yuli.